RSS

Tingkat Stress & Bunuh Diri di Korea Selatan

01 Jul

Jika postingan yang lalu dibahas tentang bagaimana susahnya menjadi seleb Korea dan karena masih Shock dengan kematian Park Yong Ha *tepatnya*. Nah, sekarang kalian bakal tau bagaimana cara para seleb meluapkan stress mereka. Sebuah penelitian (Tesis tepatnya) dilakukan oleh seorang artis Park Jin Hee (aku juga tidak tahu siapa unnie satu ini) untuk mendapatkan gelar master di Yonsei University. Tesisnya berjudul “Studies on Depression and Suicidal Urges Among Actors” yang meneliti tingkat stess dan bunuh diri aktor ini menunjukkan fakta yang sangat mengejutkan.

Park Jin Hee

Ia mewawancarai 260 aktor, mulai yang berpenghasilan 10 juta won per episode hingga yang kurang dari 1 juta won dalam satu bulan. Dan hasilnya adalah 4 dari 10 aktor Korea mengalami depresi berat dan pengen bunuh diri. 20% diantaranya pake obat-obatan sebagai pelampiasan dan meredam keinginan bunuh dirinya. Salah satu responden berkata kalo dia udah males buat hidup dan pengen bunuh diri aja. (hiy…jadi ngeri)

Sebagai perbandingan, tingkat stress para aktor mencapai 53,12 dari 100, wirausaha tingkat stressnya 48,12 dan buruh 48,18. Pantesan di tahun 2009 Biro Statistik Korea mengklaim bahwa tingkat kejadian bunuh diri melonjak  60 %…!!! Dan emang terbukti sudah banyak tercatat sejarah seleb Korea yang mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. sedangkan menurut sumber lain mengatakan di Korea bunuh diri merupakan penyebab kematian nomor empat, ini jauh lebih tinggi di banding Amerika yang menempatkan bunuh diri sebagai penyebab kematian nomor delapan. Sampai tahun 2000 ada sekitar 6000 orang rakyat korea yang meninggal karena bunuh diri dan pada tahun 2007 jumlah tersebut menjadi 12000 orang

Mengapa ini bisa terjadi? Memang ternyata ritme kerja mereka, para fans, nitizen, dan tuntutan manajemen menjadi faktor terbesar depresi. Mereka selalu dituntut tampil atraktif dan selalu berada di sorotan publik membuat psikologis mereka labil.

Sebagai closing statement, Park Jin Hee bilang, “Orang2 itu yg menunjukkan senyumnya, yg tampaknya senang, bahagia, dicintai orang lain dan hidup mewah, adalah orang2 yg paling kesepian dan bermasalah.” Ternyata, kasihan juga….hikz… kog masih ada aja yang mau jadi artis ya?

pemerintah Korea sendiri telah membuka kantor untuk konsultasi bagi para pengidap depresi atau masyarakat yang mengalami konflik kejiwaan. Namanya Seng Myong- ei Jon Hoa. Kantor ini di buka selama 24 jam dan masyarakat bisa berkonsultasi kapan saja. Semoga saja cara ini dapat mengurangi angka mati karena bunuh diri di Korea

Credits: elalolipop@asianfansclub, sosbud.kompasiana, junmiz@mycolorisland

Posted by junmiz@mycolorisland

Take out with full credits

About these ads
 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Juli 1, 2010 in Korea

 

Tag:

One response to “Tingkat Stress & Bunuh Diri di Korea Selatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 75 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: