RSS

[Opini] Jadilah fans yang sehat dan beretika

27 Mar

Comment bashing?
Perang antar fandom?
Perang fandom vs antis di Twitter hingga menjadi trending topic?
Ga sengaja nyubit & nyakar artis karena terlalu exited?
Jadi paparazzi?
Berkemah di depan rumah idola sampai-sampai sang artis takut berangkat ke sekolah?
Memasang kamera tersembunyi di rumah sang idola?

Pernah dengar atau bahkan mengalami peristiwa-peristiwa diatas? Oke bagi KPopers & JPopers hal tersebut bukan bal biasa lagi. Yang tiap hari update, mungkin hal tersebut adalah makanan sehari-hari.
Fans. satu kata tapi ajaibnya luar biasa. Artis tanpa fans bukanlah siapa-siapa. Mereka ibarat pemain ke-12 dalam sebuah tim sepak bola.

Berbagai cara digunakan oleh seorang fans untuk mengekspresikan cinta mereka kepada sang idola. Mulai dari sekedar pasang poster di kamar, beli album, borong majalah yang memuat artikel sang idola, bergabung dengan basis fans (fandom) hingga bela-belain menjebol tabungan demi selembar tiket konser atau tiket fanmeeting. Hal ini masih tergolong wajar.

Bagaimana dengan fans yang melakukan hal yang telah mycolorisland sebutkan di awal artikel ini?
Dulu, ketika KPop baru mulai kerasa hot di Indonesia sekitar tahun 2004 yang diawali dengan single “My Lecon” milik JTL yang menjadi top request di radio-radio. Berita mengenai fanatiknya fans KPop di Korea sudah tersiar luas. Jujur kadang-kadang bikin mycolorisland geleng-geleng. Kog bisa gitu ya?

Kegilaan antis dan fanatiknya fans Korea sudah pernah mycolorisland bahas di artikel Susanya Jadi Seleb. Untuk Jepang pernah mycolorisland bahas di artikel Hey!Say!JUMP curhat tentang fans fanatic.
Dulu sih mycolorisland mikir “kayaknya budaya seperti itu nggak bakal nular ke Indonesia deh. Soalnya orang Indonesia kan baik-baik dan menjaga adat ketimuran”

Tapi, olala… dua tahun belakangan ini, disaat KPop menjadi fenomena luar biasa di Indonesia mycolorisland malah jadi ngerasa rada aneh. Disatu sisi, seneng juga sih KPop sekarang menjadi lebih dikenal public & booming di Indonesia. Tapi mengapa sampai ada perang fandom vs antis di twitter hingga menjadi trending topic? Comment bashing di dunia maya?
Hey! What happened with ya’ll guys?

Salah seorang teman bilang, antis muncul karena fans yang terlalu mendewakan idolanya. Nggak rela idola mereka disbanding-bandingin dengan artis lain yang ujung-ujungnya jadi benci banget. Tahu nggak? Ini lho yang menyebabkan orang-orang “diluar ” sana yang menganggap kita ini aneh dan dibilang lebay. Sehingga muncul statement

Jadi KPopers itu aneh…

Karena budaya BASHING inilah kita dianggap aneh dan dipandang sebelah mata. Seakan-akan hobi kita ini “muarahan”. Padahal yang kita sukai adalah mereka yang “berkelas” dan penuh talenta. So, jadilah fans yang “berkelas” juga, yang sehat dan punya etika.

Boleh cerita dikit ya?

Dulu ada 2 girlband yang saling bersaing di dunia KPop, S.E.S dan fin.k.l yang sangat populer di zamannya. karena persaingan ini, fans-fans mereka sampai nggak akur. Ya tahu sendiri lah gimana jadinya ketika dua fandom nggak akur?. Namun sebenarnya dua girlband ini bersaing secara sehat dan mereka ternyata bersahabat baik lho…
Nah.. mereka aja baik-baik aja kog, kenapa kita fans-nya malah repot-repot nge-bash? Saling memusuhi? Saling menjatuhkan?

Teman-teman…

Nggak ada salahnya jika kita menyukai KPop atau JPop. Tapi kita juga musti jeli untuk mengambil sisi positif dan membuang jauh-jah sisi negatifnya. Kita boleh mengidolakan seorang artis. Pilihlah artis yang mampu memberikan contoh yang baik bagi fans-fans mereka. Misalkan, ada artis yang dulunya berasal dari keluarga miskin dan sekarang menjadi artis sukses dan dapat membahagiakan orang tua. Kita bisa mencontoh semangat juang mereka untuk bisa sukses.

Tapi ingat…

Kita adalah orang Indonesia yang bermartabat. Junjung tinggi martabat & etika dimanapun teman-teman berada meskipun itu di dunia maya. Kalau memang tidak menyukai salah seorang artis. Ya sudah, nggak usah beli albumnya, nggak usah download lagunya, nggak usah baca artikelnya di internet atau di majalah. Benci yang terlalu berlebihan itu tidak baik. Bisa saja sekarang benci minta ampun, tapi jangan salahkan jika cepat atau lambat rasa benci bisa berubah jadi rasa suka. Jujur, Perlu teman-teman ketahui semakin besar basis antis, maka semakin besar pula basis fans & nama sang artis. So, kalo nggak pengen hal itu terjadi. Udah nggak usah diomongin, di diemin aja.

Nah, gimana kalo artis favorit kita yang giliran di-bash? Diberitain yang enggak-enggak & belum jelas kebenarannya?. Membela? Boleh-boleh saja, tetep gunakan bahasa yang baik dan sopan. Jangan ikut-ikutan nge-bash balik. Kalo gini caranya, kita nggak ada bedanya dengan mereka dong.

Mycolorisland ingat tweet salah satu tema di twitter yang isinya kira-kira begini “artis yang kita sukai aja “berkelas” kita pun juga harus menjadi fans yang “berkelas””

Fans berkelas disini maksudnya adalah fans yang nggak mudah terpancing dengan komentar-komentar murahan, berfikir dengan kepala dingin, lebih cermat melihat permasalahan, dan mampu bersikap dewasa. Oke?
AYO JADI FANS YANG SEHAT DAN BERETIKA…!!!

Semoga bermanfaat^^

Written by mycolorisland
Take out with full credits^^ thanks

 
9 Komentar

Ditulis oleh pada Maret 27, 2011 in Opini

 

Tag:

9 responses to “[Opini] Jadilah fans yang sehat dan beretika

  1. Ma Sang Ji / 마상지

    Maret 27, 2011 at 7:00 am

    Yup, betul tuh. Aku setuju 100$, eh.. 100% ama saran2 mycolorisland diatas.

     
  2. OmoRose

    Maret 27, 2011 at 7:02 am

    setuju banget…
    kadang tuh yah suka bingung dan ngerasa apa gitu pas liat ato ketika TL di twitter mulai fanwar antar fandom yang satu dengan yang lain, gara2 ini tuh akhirnya ada nyebut Kpoppers itu rusuh dan labil banget, padahal kan gak semuanya kek gitu..

     
  3. Tiara

    Maret 27, 2011 at 7:44 am

    sepakat sepakat. . . Coment bashing bikin panas timeline twitter (_ _’)

    mari rubah dunia dimulai dr diri kita sendiri. SAY NO TO BASH !

     
  4. yuniiezwarni

    Maret 28, 2011 at 8:24 am

    s e t u j u bangeeeeettttttt….
    gileeeee keren mycolorisland postingannya. membantu banget membuka mata.wkwkwkwkw lebee

    lagi..lagi..lagi…horrreeee req tenatng artikel menarik korea saya dikabulkan sama mycolorisland. makasih admin baikkkkk.heheheh
    ayoo semangat terus admin…

     
  5. mycolorisland

    Maret 28, 2011 at 12:51 pm

    @yuniiezwarni yup sama-sama. Sbnrny pgn nulis kayak gni dah lama cm bru sempat posting. Soalny gerah jg sih liat temen2 yg pd nge-bashing gt.

    Semoga bermanfaat, terima kasih kunjungannya. Jgn kapok main lagi kesini ya?

     
  6. fierdya

    Maret 31, 2011 at 3:19 am

    nice article !!!

    Sudah saatnya kita jadi fans yg dewasa, yg ga ABABIL dikit dikit labil trus ngebash. Udah ga jamannya lagi jeeeeng

    *angkat angkat poster* jiah g usah lebay, ditimpuk admin

     
  7. yuniiezwarni

    April 6, 2011 at 4:37 pm

    wiw, eoni mycolorisland. aku ga akan bosen-bosen main sini deh. seruuu abis artikel-artikel nya. kebetulan jadi pengen ceramah nih buat fans yang ababil.ckck

    semangat eoni!!! semoga dapet artikel korea lagi.heheheh kurangajar mode on.

     
    • mycolorisland

      April 8, 2011 at 6:26 am

      ~kekeke makasih ya? eh boleh tau acc twitternya ga? twitterku @mycolorisland, mention aja pasti di folback

       
  8. zhiee

    April 14, 2011 at 7:41 am

    sepakat ._.

    Gw dulu jg pernah jd antis tp ujung ujungnya gw suka sm itu artis

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: