RSS

[Opini] Tiket Konser … oh Tiket Konser …

27 Mar

Wah~~~ akhir-akhir ini lagi banyak jadwal konser ya? Setelah sukses diguncang mini konser Wonder Girls, SHINee, U-Kiss, Jay Park & fanmeeting Lee Ji Hoon & Kim Bum sepertinya Indonesia mulai dilirik dunia hiburan Korea untuk mengadakan konser atau fanmeeting. Lihat saja antrian boyband & Girlband Korea yang bakal konser di Indonesia. Beberapa hari yang lalu 2PM juga sukses membuat Hottest Indonesia teriak-teriak histeris, dikabarkan JYJ juga siap menghipnotis pecinta K-Pop dan itu belum termasuk desas-desus CN Blue, FT Island sampai SNSD.

Sebenarnya tidak hanya deretan artis Korea diatas yang sudah pernah menyambangi Indonesia untuk menggelar konser, Fanmeeting, atau sekedar syuting drama. Tercatat BoA pernah menjadi bintang tamu di acara Anugrah Music Award tahun 2004 (gara-gara ini admin jadi kenal KPop hehe~). Raja KPop RAIN juga pernah menggelar konser besar di penghujung tahun 2009. Kim Jae Won, Lee Dong Wook, Yoon Eun Hye, Ha Ji Won, Jo In Sung, So Ji Sub, Park Ye Jin juga masuk dalam deretan artis Korea yang pernah mengunjungi Indonesia, dan tentu masih ada lagi yang mungkin luput dari perhatian mycolorisland

Rasa-rasanya sebagai fans tidak boleh melewatkan kesempatan ini. Konser di Indonesia dibabat habis, bahkan konser di luar negeri pun juga nggak mau kalah menggodanya. Namun, semua permasalah ini terletak pada tiket konser dan tiket fanmeeting

Pernahkah teman-teman dengar selentingan seperti ini?

“jadi KPopers itu butuh banyak modal”
“aduh… giliran ga ada duit. Artis KPop datangnya rame-rame gini. Jaraknya deket-deket lagi..”
“wah, harus mulai nabung nih buat tiket konser”
“aku mau hadiah ulang tahun tiket konser ah~~”
Atau yang satu ini?
“kok temen-temen bisa dengan gampangnya ngeluarin duit buat beli album original dan tiket konser yang harganya mahal. Apa pada nggak kasihan dengan orang tua mereka?”

Oke mycolorisland sangat tertarik dengan yang statement terakhir. Bagi temen-temen KPopers yang masih sekolah atau kuliah, tentu saja sokongan financial masih dari orang tua kan ya? Oke mungkin ada yang sudah mencoba kerja part time atau freelance, tapi mycolorisland yakin subsidi orang tua tetap ada

Pernah nggak, temen-temen berfikir betapa pusingnya ortu ketika kita merayu untuk dibelikan tiket konser yang harganya nggak murah itu?. Okelah buat yang berasal dari keluarga yang secara ekonomi berlebihan, it doesn’t matter. Bagaimana dengan kalangan menengah?. Sebenarnya ini tidak hanya berlaku bagi tiket konser saja, tetapi juga album original dan berbagai stuff mulai calendar official, T-Shirt, poster, sticker, pin, dll.

Hm… mycolorisland yakin ada juga yang dimarahi orang tua gara-gara hobi kita satu ini, iya kan? Hayo ngaku-ngaku^^. Teman-teman, sebenarnya nggak ada yang salah dengan hobi kita ini. Mau beli tiket konser, beli majalah, atau beli album original itu sah-sah aja dan wajar bagi seorang fans. tapi ada beberapa catatan yang musti temen-temen perhatikan

Perhatikan kondisi keuangan orang tua

Salah satu hal yang membuat ortu marah adalah ketika sang anak meminta sesuatu dan harus dituruti, padahal saat itu kondisi keuangan keluarga sedang tidak memungkinkan. Teman-teman, coba bayangin ortu udah kerja keras capek-capek untuk cari uang buat biaya sekolah kita dan adik/kakak, masih harus dibebani dengan ongkos “hobi” kita. Pernahkah kalian merasa kasihan dengan mereka? Uang yang harusnya digunakan sebaik-baiknya malah kita gunakan suatu hal yang nggak jelas manfaatnya. Ini nggak hanya berlaku untuk teman-teman yang dari keluarga kaya aja tapi semua. Intinya sih, jika meminta sesuatu perhatikan dulu kondisi keuangan orang tua jangan asal meminta dan harus dituruti. Hargai perasaan mereka juga, jangan memaksa jika memang tidak memungkinkan.

Jangan ngambek

Jangan jadikan jurus “ngambek” untuk meluluhkan hati orang tua. Mengurung diri di kamar, nggak bicara, nggak makan udah nggak jaman lagi bro!. coba bicara dengan ortu dengan bahasa yang baik dan sopan. Kalo memang tidak diijinkan, jangan melawan. Orang tua pasti menginginkan yang terbaik buat anak-anaknya. Cobalah berpositive thinking

Menabung yuk

Sedikit demi sedikit akan menjadi bukit, pepatah yang sudah kita kenal sejak jaman esde ini nggak ada salahnya kita terapkan. Kebiasaan menabung sejak dini akan sangat bermanfaat buat teman-teman ketika dewasa kelak. Sisihkan uang saku yang diberikan ortu kita, jadi ketika ada suatu hal yang sifatnya mendesak dan tiba-tiba kita tidak akan kelabakan & mati-matian merayu orang tua cz kita sudah punya uang sendiri.

Buatlah skala prioritas

Setelah menabung dan punya uang sendiri tidak lantas kita seenaknya sendiri menghambur-hamburkan uang tersebut. Masih ingat pepatah “jika ingin dihargai orang lain, hargailah orang lain terlebih dahulu”?. Ini juga berlaku untuk “uang”. Jika kelak kita ingin “dihargai” uang maka sejak dini kita harus belajar menghargai uang. Bagi yang menabung dari sisa uang saku, ingatlah status uang tersebut adalah pemberian orang tua,. Ketika kita menghargai uang tersebut, maka secara tidak langsung kita juga menghargai jerih payah orang tua kita. Gunakan juga untuk hal-hal yang bermanfaat.
Selanjutnya buatlah skala prioritas. Dahulukan kebutuhan-kebutuhan yang sifatnya mendesak dan lebih penting. Bisa jadi nantinya tiket konser & album original jadi prioritas kesekian. Nggak masalah, karena cara ini bisa membantu kita mengontrol

Tunjukkan prestasimu

Jadi KPopers nggak keren ketika nila ulangan atau rapor jadi jeblok. Apa kata ortu kita? Pasti mereka kecewa banget. Bayangin deh ya? Kita udah dibeliin tiket konser yang harganya mahal banget, disubsidi untuk beli album original. Atau tiap saat nge-tweet & online, ga peduli lagi makan, nonton TV, menyapu, bahkan ada yang lagi nyeterika. Dijamin ortu bikin geleng-geleng kepala ya kan?. Oke saatnya kita tunjukkan meski jadi KPopers yang tiap hari kuping diselipin earphone buat dengerin mp3, belajar nggak boleh kendur dong…. Tunjukkan prestasimu nggak turun. So, ntar kamu bisa pamer sama ortu “Pa, Ma, lihat nih nilaiku bagus kan?” dan mereka nggak akan cemas anaknya keranjingan online & dengerin mp3 ternyata prestasi sekolahnya nggak ngaruh malah meningkat. Nah, keren kan?

Jangan remehkan yang lain

Oke, ini khusus untuk teman-teman yang pernah lihat konser atau koleksi puluhan album KPop original. Tolong jangan nge-cap temen sesama KPopers yang tidak seberuntung kalian sebagai bukan fans sejati. Jangan berfikir sempit bahwa mendukung idola hanya dengan melihat konser atau beli album original. Masih banyak jalan lain seperti ikut project-project fanbase atau ikut nge-vote idola di polling online atau ajang penghargaan.
Intinya sih ini bukan karena mereka nggak mampu beli tiket atau album. Mycolorisland yakin selama ada usaha apapun bisa dilakukan. Ini hanya masalah kebutuhan dan skala prioritas yang berbeda antara satu orang dengan orang lain. Mungkin dia lebih memprioritaskan membeli diktat kuliah yang harganya ratusan ribu dari pada selembar tiket konser. Oke?

Semoga bermanfaat^^

Written by mycolorisland
credit photo from Lidya octaviani, thanks sist^^

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Maret 27, 2011 in Korea, Opini

 

Tag:

One response to “[Opini] Tiket Konser … oh Tiket Konser …

  1. yuniiezwarni

    April 5, 2011 at 7:03 am

    kereeeeennnn banget ni artikel. jadi bisa buat bahan renungan nih.hahahha
    thank’s mycolorisland.
    ayoo lagi dong lagi lagi.hehehhe
    FIGHTING MYCOLORISLAND….

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: