RSS

[Profile] Andy Lee ~ Kiwi Prince of Shinhwa

11 Mei

Andy Lee (Lee Sunho) lahir tanggal 21 Januari 1981. dia sangat dikenal sebagai rapper boysband Shinhwa. dia adalah member paling muda di grup yang dijuluki The Longest Running Boyband in Korea. disamping nge-rap, ia juga sukses memerankan beberapa karakter dalam drama membuat popularitasnya ikut menanjak. nama inggrisnya sebenarnya adalah Jason, tetapi SM memintanya untuk mengganti nama sebelum debut.

Andy Lee adalah member kedua yang bergabung dengan Shinhwa. dia sebenarnya direncanakan untuk menjadi member H.O.T (Highfive Of Teenagers) bersama sahabatnya Tony Ahn. tetapi orang tuanya melarang ANdy untuk bergabung dengan H.O.T karena usianya yang masih terlalu muda waktu itu. namun, ia tetap bertahan di SM Entertainment dan sempat berkolaborasi dengan girlband populer S.E.S sebagai rapper dalam single “I’m your girl” bersama Eric Mun (yang kemudian bergabung bersama Andy sebagai leader & rapper Shinhwa)

ketika Andy telah berumur 18 tahun (menurut perhitungan Korea, atau 17 tahun perhitungan internasional), orang tuanya mengizinkan untuk bergabung dengan Shinhwa dan debut pada tahun 1998. Andy meneruskan kegiatannya bersama Shinhwa hingga album ke-4 ketika Andy harus meneruskan studinya di Amerika. dia kemudian kembali bergabung dengan Shinhwa di album Perfect Man

tahun 2003, ketika para member Shinhwa memulai aktivitas solo karir, Andy mengejutkan banyak orang dengan menjadi aktor di drama terkenal seperti “Lovers in Prague”. meskipun mendapat peran kecil dalam drama, namun banyak menyita perhatian pemirsa karena perannya yang sangat berbeda, pria yang serius.

dia juga memulai peran di beberapa banjun drama bersama former member Fin.K.L Lee Jin. mereka berakting bersama-sama sebagai pasangan dalam 6 bulan, lebih panjang dari pasangan aktor-aktris yang berperan dalam show tersebut. mereka juga mendapat popularitas yang tinggi karena dinilai sebagai pasangan yang serasi dan chemistry mereka.

Pria yang terkenal dengan Heart Dance-nya ini juga pernah menjadi MC di SBS Inkigayo dan MBC Goldenfish sekitar januari 2007. dalam 3 hari ia tampil sebagai MC di SBS Inkigayo (28 januari) dan MBC Goldenfish (31 januari) bisa dibayangkan kan? betapa populernya ia sehingga bisa wara-wiri di acara TV populer?

tahun 2007, ia meninggalkan perusahaan manajemen grupnya dan menjalankan perusahaannya sendiri, ND (New Dream) Entertainment yang berkonsentrasi pada karir solonya (sekarang bernama TOP Media Entertainment). selama Shinhwa vakum, Andy kembali berakting pada september 2007 sebagai pemeran utama dalam drama musikal “Music in My Heart (sesion 3)”. setelah menyelesaikan penampilannya di drama musikal, Andy merilis single pertamanya “Irrelevant Imagination” pada 30 november 2007. dimana dalam single ini, Yoobin Wonder Girls berpartisipasi dalam lyric rap-nya sementara itu Park Jin Young (CEO JYP Entertainment) menulis lyrics lagunya. single ini mendapat perhatian publik luar biasa.

maret 2008, Andy bergabung dengan reality show MBC We Got Married dan berpasangan dengan penyanyi wanita, Solbi. mereka berdua dipasangkan sebagai pasangan pengantin baru. Andy dan Solbi menyelesaikan reality show mereka pada 5 oktober 2008.

Setelah konser 10th Anniversary Shinhwa selesai, magnae Shinhwa Andy Lee ditunjuk sebagai Brand ambassador produk kecantikan Nivea Deodorant Pearl Beauty. Saat launching, Andy bersama Solbi (yang berperan sebagai istri Andy di MBC We Got Married) mereka membicarakan tema kecantikan dalam event tersebut.

Andy Lee juga sempat menggelar konser solo pertamanya di Shanghai. Para fans China bersama-sama membuat lirik lagu New Dream untuk diberikan kepada Andy, dan mengharapkan Andy untuk tampil bersama-sama fans di panggung.

Sebelum masuk camp wajib militer tanggal 11 januari 2010, Andy merilis album kedua Single Man pada bulan oktober 2009.

Andy Lee juga dikenal sebagai salah satu pendiri TOPmedia yang berhasil melejitkan beberapa nama Boyband seperti JUMPER dan Teen Top. Andy yang saat ini masih menjalani wajib militernya merasa khawatir tidak bisa menjaga anak didiknya lalu berpesan kepada Eric Mun untuk menjaga dan mengawasi Teen Top selama dia menjalankan tugas militer. Tanggal 21 Januari kemarin, tepat Andy Lee berulang tahun ke 31 tahun (menurut perhitungan korea) selain mendapat ucapan ulang tahun dari TOPmedia dan Teen Top, rapper yang dijuluki Kiwi Prince ini juga mendapat ucapan selamat ulang tahun dari Liveworks Company yang menaungi Shin Hyesung dan Kim Dongwan, serta dari TOPCLASS Entertainment milik Eric Mun. Hal ini menunjukkan persahabatan mereka yang masih terjalin kuat.

Andy Lee sebagai member Shinhwa yang juga dikenal sebagai grup dengan hubungan persaudaraan antarpersonel yang kuat, Semangat persaudaraan dan kekompakan Shinhwa inilah yang ingin ditiru Teen Top.

“Kami ingin mempertahankan hubungan pertemanan kami dalam waktu yang sangat lama, seperti senior kami, Shinhwa. Terkadang, kami ingin seperti Minwoo hyung, tapi kebanyakan dari kami ingin seperti Andy hyung. Kami sangat mencintai Andy hyung, hahaha. Dia selalu memonitor kami dan memberi banyak nasihat untuk kami,” kata Chunji.

credit: wikipedia, Shinhwa Changjo Indonesia , annyeonghaseoo , mycolorisland
shared by mycolorisland
take out with full credits

 
4 Komentar

Ditulis oleh pada Mei 11, 2011 in Korea

 

Tag:

4 responses to “[Profile] Andy Lee ~ Kiwi Prince of Shinhwa

  1. arina

    April 30, 2012 at 12:51 pm

    kyaaaaa andyyyy.. fans mu bertambah satu! :*

     
  2. fadila rahmawati

    Januari 20, 2013 at 6:25 am

    aku fans baruma;)

     
  3. siskasparkyu

    Mei 27, 2013 at 12:25 am

    Kyaa, aku baru kenal andy di acara WGM, disana kau keren…. Aku suka

     
  4. tiara SN

    Juni 12, 2013 at 1:40 pm

    당신을 사랑합니다

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: