RSS

[Hot Article] Mengapa KPop BUTUH Shinhwa untuk comeback?

23 Jun

Ada yang alisnya berkerut ketika membaca judul artikel diatas?

Jujur mycolorisland juga kaget nih, nemu artikel ini. Artikel ini adalah artikel yang dipublikasikan oleh http://www.hellokpop.com yang diterjemahkan oleh Shinhwa Changjo Indonesia di http://shcjindonesia.wordpress.com jadi mycolorisland hanya re-post, ga merubah satu huruf pun.

Warning buat temen-temen KPop Lovers, artikel ini tidak bermaksud untuk “menyombongkan” nama Shinhwa atau menganggap remeh grup lain. Lepas dari admin mycolorisland adalah Shinhwa Changjo (fans Shinhwa), tapi tolong temen-temen melihat ini dengan kaca mata yang berbeda. jika selama ini kita terlalu sibuk dengan idol group sekarang, kita perlu sedikit menengok ke belakang. Siapa sih 1st generation idol group di Korea yang menjadi contoh, panutan atau mungkin idola bagi grup KPop sekarang ini. Salah satunya ada nama SHINHWA disana, perjuangan mereka bertahan selama 13 TAHUN di dunia KPop memecahkan persepsi bahwa idol grup Korea tidak bertahan lama. Sudah cukup banyak kasus idol grup yang bongkar-pasang member hingga bubar. Shinhwa telah menjawab tantangan itu semua. Belum lagi momok “WAJIB MILITER” yang selalu menghantui para idol group pria. Lalu siapakah yang akan menginspirasi idol group sekarang untuk mampu bertahan dan menjadi LEGENDA????
Mari kita simak artikel berikut

=======

“Shin-siapa?”
Itulah komentar netizen yang saya lihat pada berita mengenai comeback Shinhwa. Sungguh memalukan! Ketik saya begitu gembira dengan kemungkinan kembalinya Shinhwa, ada beberapa pihak yang merasa skeptis, dan lebih buruk lagi, tidak mengenal siapa Shinhwa. Biarkan saya memberitahumu satu hal: Shinhwa comeback adalah sebuah peristiwa yang mengguncangkan dunia dan akan mengubah dunia Kpop selamanya.
Fanclub Shinhwa di soompi.com mendeskripsikan mereka sebagai “grup yang telah ada selama ratusan tahun,” dan hal itu tidak terlalu jauh dari kenyataan. Shinhwa bukanlah hanya sebuah idol grup lama. Shinhwa adalah FIRST GENERATION dari idol grup yang ada sekarang. absolutshinhwa.wordpress.com mengingatkan kita bahwa merekalah satu-satunya idol grup yang bertahan dengan anggota tetap selama lebih dari satu dekade. Tiga orang penyanyi dan tiga rapper ini bersama-sama meraih sukses luar biasa sejak debutnya pada 1998, dan untuk alasan bagus. Saya mencintai banyak idol grup yang sekarang, namun sebelum popularitas gila-gilaan Big Bang, atau fandom-pemecah-rekor TVXQ, ada Shinhwa, memproduksi lagu-lagu yang menjanjikan sesuatu.yang baru bagi setiap orang, dari musik dance solid seperti Thanks! hingga kompilasi klasik/hard rock/rap seperti All Your Dreams. Mereka menjadi pionir untuk hal-hal yang kita abaikan dalam idol grup terbaru kita. Pria-pria menarik? Ada! Jangkauan talenta dalam satu grup? Ada! Perhatian pada detail dan style? Oke! Kemampuan untuk menggoncang panggung dengan killer dance moves dan lagu groovy? YA!!!! Pada beberapa tahun lalu, Shinhwa melayang diatas lautan luas oranye para Changjo, dan itu benar-benar suatu kejayaan.
Sebenarnya, Shinhwa tidak pernah benar-benar meninggalkan kita. Mereka tidak masuk kedalam program perlidungan saksi mata untuk menghilang selamanya setelah perilisan album terakhirnya.pada 2008. Bersikeras bahwa mereka ada pada masa hiatus yang panjang dan TIDAK AKAN bubar, para anggota Shinhwa masih tetap aktif. Sebagai solo artis, mereka muncul di berbagai drama dan video, merilis album solo dan melakukan tur. Keramaian perayaan ulang tahun ketiga belas Shinhwa merupakan bukti bahwa para Changjo masih ada disamping mereka. Beberapa cerita dipublikasikan di website-website KPOP, dan soompi bahkan mendedikasikan satu minggu penuh perayaan, dengan satu hari untuk masing-masing anggota. Jika ini bukan merupakan suatu bentuk cinta, lalu apa?
Hmmm…..Kamu masih terlihat skeptis. Saya bisa melihatmu berpikir, “Kamu tahu, zaman iti memang hebat, namun Shinhwa kan old school dan tidak ada hubungannya dengan kpop yang sekarang. Siapa peduli bahwa beberapa Changjo berkumpul dan menceritakan kisah mengenai Andy dan Hyesung. Berikan aku Shinee-ku.” Ok, kamu memang harus melihat program Shinee, karena kamu akan melihat bahkan Shinee dan idola lainnya menunjukkan respek yang semestinya pada sang legenda, dan tidak ada bukti yang lebih baik dibandingkan dengan berbagai idol grup yang bergiliran menampilkan Shinhwa Wild Eyes, lengkap dengan chair dance. Shinee muda menyanyikan lagu dan menarikannya secara live. Begitu juga dengan Joon dari MBLAQ. Tidak puas dengan hanya penampilan dari para idola pria? Para wanita dari After School ini membuat remake Wild Eyes dan dengan bangga menampilkannya.
Gerakan-gerakan tersebut tidak jatuh begitu saja dari langit. Para idol grup terbaru ini mengenali warisan dari seniornya ini dan mempelajarinya dengan baik. Ya…..Saya bisa melihat bahwa kamu mulai mengerti mengapa Shinhwa itu penting. Namun kamu masih terlihat skeptis dengan kemungkinan comeback Shinhwa. Kamu berpikir, “Hal itu tidak akan pernah terjadi. Teruslah bermimpi.” Ok, jadi saya memang cuma manusia biasa. Saya tidak bisa memastikan kapan atau apakah Shinhwa comeback akan terjadi, namun saya meyakinkan kamu bahwa itu HARUS terjadi.
Kenapa?
Sebuah comeback Shinhwa mewakili sesuatu yang sama sekali belum pernah terjadi sebelumnya di Hallyu Kpop: kembalinya sebuah idol grup utuh setelah wajib militer. Wajib militer dipandang sebagai pembunuh karir bagi idol grup pria. Hal ini menjadi satu alasan mengapa anggota-anggota grup sekarang ini berusia makin muda dan bekerja lebih keras dan lebih lama untuk mengembangkan fanbase secepat yang mereka bisa. Pada usia tertentu, seluruh anggota dari sebuah idol grup pria akan menjalani wajib militer, dan ketika mereka menjalankannya, agensi mengasumsikan bahwa masa mereka telah berakhir. Namun bagaimana jika masih ada ‘kehidupan’ pasca dilaksanakannya wajib militer? Bagaimana jika sebuah grup mampu kembali, dengan seluruh anggota mereka untuk melanjutkan karir musik mereka dan mengklaim kembali kejayaan mereka? Shinhwa dapat menjadi grup yang mematahkan anggapan bahwa karir idol grup pria akan tamat pasca wajib militer. Akibat kemudaan bintang Hallyu, kita belum dapat menyaksikan hal ini. Belum ada sebuah grup yang dapat mematahkan kutukan wajib militer. Hingga Sekarang.
Jika Shinhwa benar-benar comeback dengan sukses, hal ini akan menimbulkan preseden baru. Kesuksesan kembalinya Shinhwa akan berarti harapan karir lebih panjang untuk idol grup pria lainnya, dan siapa yang tidak menginginkan hal itu? Kita telah melihat efek 13 tahun karir Shinhwa dapat mematahkan kutukan 5 tahun bagi idol grup, dimana idol dan agensi beranggapan bahwa sebuah grup hanya akan berusia 5 tahun. Dalam sebuah kisah di musicasia.net, seorang perwakilan industri musik menjelaskan, “Orang-orang dalam industri sering berkata bahwa bagaimanapun populernya sebuah idol grup, pasti akan ada ‘perubahan ombak’ setiap lima tahun.” Hal ini berarti bahwa tiap agensi secara konstan akan mengeluarkan idol grup baru untuk menggantikan yang lebih lama yang sepertinya merupakan lingkaran tanpa akhir. Namun, jika idol grup memiliki karir yang lebih panjang dari 5 tahun, berarti agensi akan mendapatkan banyak keuntungan dengan merawat idol grup sukses yang telah mereka miliki. Jika kamu benar-benar ingin menghitung keuntungannya, karir lebih panjang bagi idol grup berarti lebih banyak uang untuk agensi yang menanamkan investasi besar-besaran pada masa depan mereka mulai dari sekarang. Grup dan perusahaan tempat mereka bekerja dapat menjalankan karir mereka dalam waktu lama, menciptakan fanbase paling loyal dengan cara menjaga fans lama dan menarik fans baru.
Kita telah menyaksikan tren ini dengan adanya grup idol sukses seperti Big Bang, Super Junior, TVXQ! (bahkan sebelum drama JYJ), dan S501 (juga belum bubar!) telah merayakan ulang tahun kelima mereka. Shinhwa comeback berarti sebuah karir sebagai idol, bukan hanya pekerjaan untuk senang-senang yang hanya bertahan beberapa tahun saja. Ini adalah waktu dimana Hallyu untuk jadi dewasa dan melihat ke masa depan serta waktu bagi fans untuk mengenai generasi pertama grup Hallyu. Jadi Shinhwa benar-benar harus comeback dan menunjukkan pada semua bagaimana melakukannya. Dan siapa lagi yang lebih baik dalam melakukannya? Shinhwa tidak disebut sebagai legenda tanpa suatu bukti.

Original Article:
WHY KPOP NEEDS SHINHWA TO MAKE A COMEBACK

http://www.hellokpop.com/2011/06/22/why-kpop-needs-shinhwa-to-make-a-comeback/#.TgKGE8rI9pI;twitter
Sumber:
*soompi.com fan clubs, soompi.com
*Shinhwa Celebrates Their 13th
Anniversary, absoluteshinhwa.*What Is The Risk And Reward That Companies Have When Developing Idols, musicasia.net
Photo:
Credits: kbs.co.kr, shinhwa.biz
Video Credits:
SHINee, Wild Eyes, http://
http://www.youtube.com/watch?
v=4sy059hnkUo
Lee Joon (MBLAQ), Wild Eyes,
http://www.youtube.com/
watch?v=wvUz3I9tIco
After School, Wild Eyes, http://
http://www.youtube.com/watch?
v=KVWLvQRtAO0

Translated By ShinhwaChangjo Indonesia (http://shcjindonesia.wordpress.com), PLEASE TAKE OUT WITH FULL CREDIT

 
10 Komentar

Ditulis oleh pada Juni 23, 2011 in Korea, Opini

 

Tag:

10 responses to “[Hot Article] Mengapa KPop BUTUH Shinhwa untuk comeback?

  1. flume

    Juni 23, 2011 at 1:44 pm

    Keren bgt nih artikel… :’)

     
  2. Lopeunhyuk

    Juni 28, 2011 at 1:57 am

    Chingu, boleh aku ambil buat di note ga ?
    Aku mau orang2 baca artikel menggetarkan jiwa ini :’)

    I’m proud tobe shinhwa changjo ^o^

     
    • mycolorisland

      Juni 29, 2011 at 1:23 am

      silakan chingu… yang penting full credits, silakan take out😀
      makasih juga buat kunjungannya, makasih juga udah ijin langsung ke shcj indonesia hehehehehe

       
  3. nabila1379

    Juni 29, 2011 at 2:44 pm

    Shinhwa adalah grup yang mengenalkanku pada K-Pop…
    mereka keren, jadi aku langsung suka begitu aku kenal mereka!
    nggak kusangka, waktu aku pertama kali kenal mereka, Shinhwa udah 10 tahun!😀
    sekalipun kata kakakku aku ndeso gara-gara baru kenal Shinhwa, tapi aku nggak peduli~
    aku akan selalu jadi Shinhwa Changjo!!!🙂

     
  4. lil'sis stories

    Juli 22, 2011 at 10:20 am

    nice artikelllll….

    jadi ga sabar nunggu comeback shinhwa di ulangtahun mereka yang ke 14 tahun depan…
    semoga semua berjalan dengan mulus…
    dimulai dengan perjuangan leader mun sampai dengan min woo yang walau masih public servise tetap dengan setia mempersiapkan lagu dan koreografi buat comeback mereka…^^

     
  5. hinata

    Januari 14, 2012 at 1:35 pm

    HEBAT!!!
    KESUKSESAN & KEAWETAN SHINHWA PATUT DITIRU!
    SAYA SEORANG CASSIOPEIA, TAPI SAYA IKUT BANGGA MELIHAT KESUKSESAN PENDAHULUNYA SEPERTI H.O.T & SHINHWA n.n
    yah walaupun saya lebih dulu tahu TVXQ.. tapi saya berusaha mempelajari kisah H.O.T & SHINHWA😀
    oh ya, saya mau share artikel ini di facebook. Bolehkah? ^^
    terima kasih buat artikelnya n.n
    I LIKE IT!

     
  6. picchu

    Maret 6, 2012 at 9:23 am

    Aduhhh mata jadi berkaca2 banget baca artikel ini..kayanya dada ku kaya nyesek2 terharu nihh…ga terasa mrk bisa awet smpe 14 tahun..selama ini*jd bingung skrng mau manggil oppa atau ahjushi..hahahaha..boyband pertama yg mengenalkan gw pada K POP…sempet khawatir bgt wkt mrk di masa2 sulit karena isue mau dibubarin..ahh pokonya sukses selalu buat shinhwa…ga peduli mau 10 tahun,20 tahun,30 tahun bahkan sampai akhir nanti semoga mereka bisa terus bersama dan selalu menghasilkan karya2 yang hebat2 baik di dalam Shinhwa maupun di kegiatan solo artisnya..dan ini bisa dicontoh sama grup idol lainnya..amieenn..:)

     
  7. herbal ginjal

    Juli 13, 2013 at 1:24 pm

    legenda banget ya

     
  8. claudy

    September 12, 2014 at 4:41 am

    suka banget sama persahabatan mereka…

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: