RSS

[Opini] Alasan yang membuat kita jatuh cinta kepada Shinhwa

25 Agu

 

“Shinhwa? Mereka siapa sih?”

Berkali-kali mycolorisland menghadapi tipe pertanyaan seperti ini. Hayo hayo siapa yang belum kenal dengan Shinhwa? Atau ada yang sudah tahu nama mereka tapi belum mengenal lebih mendalam?. Nah, tanggal 1 agustus kemarin kepastian comeback boyband legendaris Korea ini menemui titik terang sebab Shinhwa Company, perusahaan manajemen yang nantinya akan menaungi comeback-nya Shinhwa telah didirikan. Sudah dipastikan jika grup yang dijuluki The longest running Korean boyband ini akan comeback pada bulan maret 2012 nanti, atau bertepatan dengan anniversary Shinhwa ke 14 tahun. Wah, berarti bentar lagi dong. So, ga ada salahnya untuk mengenal lebih dekat dengan Shinhwa, itung-itung buat pemanasan sebelum mereka comeback stage biar nggak kudet alias kurang update. Yuk, kita simak beberapa alasan yang membuat para fans Shinhwa tetap setia mendukung Shinhwa hingga sekian lama. Apa saja alasan mengapa Shinhwa Changjo percaya bahwa Shinhwa pasti comeback setelah mereka memutuskan hiatus tahun 2008 karena wajib militer. Apalagi sekarang ini banyak grup KPop yang bernasib “tidak jelas”?

Shinhwa adalah grup yang debut tahun 1998 dengan enam orang member yaitu Eric Mun, Shin Hyesung, Kim Dongwan, Lee Minwoo, Andy Lee, dan Junjin. Hingga sekarang grup ini belum bubar, dan merupakan satu-satunya grup KPop yang mampu bertahan hingga 13 tahun tanpa adanya pergantian personel. Disaat banyak grup KPop lain yang bongkar-pasang personel hingga menghadapi masalah dengan manajemen dan akhirnya bubar, Shinhwa justru berdiri tegak menghadapi berbagai macam gempuran tersebut.

1. Perjuangan Shinhwa untuk bertahan di dunia KPop

“Nikmatnya kesuksesan bukanlah terletak pada hasil, tetapi justru pada proses perjuangan memperolehnya” mungkin ungkapan ini sangat pas untuk Shinhwa. Bukan karena hasil mereka yang mampu bertahan selama 13 tahun, tetapi karena proses perjuangan Shinhwa bagaimana bisa bertahan selama itu yang membuat para Shinhwa Changjo merasa bangga. Tawa, air mata, keringat, persahabatan, persaudaraan, pertengkaran kecil, konflik dengan manajemen, cemoohan hingga berkali-kali digosipkan bubar telah menjadi teman perjalanan mereka untuk bertahan di tengah ganasnya persaingan dunia K-Pop.

Ketika Shinhwa debut tanggal 24 Maret1998, mereka tidak begitu saja dengan cepat menikmati kesuksesan. Awal kemunculan mereka justru kurang mendapat sambutan public karena imej mereka yang dianggap terlalu kekanak-kanakan. Ditambah dengan waktu itu terjadi krisis ekonomi dunia yang melanda sebagian besar Asia (termasuk Indonesia) menyebabkan SM Entertainment menghentikan promosi. Pihak manajemen memberikan peringatan keras jika album ke-2 nanti tidak berhasil maka 6 member akan dibagi menjadi dua grup. Akhirnya, album ke-2 Twinkling of Paradise mampu mengukuhkan nama Shinhwa di dunia K-Pop. meski album ini sukses, namun tidak menutup kerugian penjualan album pertama Haegyul Sah. Kondisi ini membuat Shinhwa harus berhemat karena minimnya pemasukan. Mulai dari menciptakan lagu & koreografi mereka sendiri hingga menghemat make up dengan tidak mencuci muka hingga keesokan harinya.

Setelah konser pertama Shinhwa, Andy Lee memutuskan untuk kembali ke Amerika untuk melajutkan studi selama setahun. Namun, ada pula rumor yang beredar sebenarnya Andy ke Amerika karena masalah VISA dan keinginan SM Entertainment untuk mengeluarkan Andy dari Shinhwa. Dengan berat hati, Shinhwa merilis album Hey! Come On tanpa Andy Lee. Ketika statement SM Entertainment muncul bahwa mereka akan mengeluarkan Andy, maka dengan diam-diam Shinhwa mengadakan perjanjian dengan SM Entertainment jika Guerilla Concert mampu menembus angka penjualan tiket yang ditetapkan SM Entertainment maka Andy akan tetap menjadi anggota Shinhwa. Untuk mewujudkan ini semua, Shinhwa dengan sungguh-sungguh turun ke jalan mengumpulkan orang untuk menonton konser mereka. Keberhasilan ini mereka persembahkan untuk Andy Lee & akhirnya ia kembali bergabung dengan Shinhwa di album Perfect Man.

Masalah tidak berhenti sampai disini. Tahun 2003 kontrak Shinhwa dengan SM Entertainment selesai, namun mereka memutuskan untuk tidak meneruskan kontrak. Sebenarnya SM Entertainment menawarkan perpanjangan kontrak, tetapi hanya untuk Shin Hye Sung dan Lee Min Woo yang oleh SM Entertainment Minwoo akan dijadikan Usher-nya Asia. Namun, karena rasa persaudaraan yang besar mereka memutuskan untuk keluar bersama-sama dan bergabung dengan manajemen baru. Ini adalah kali pertamanya dalam sejarah dunia K-Pop ada artis yang berani menentang perusahaan manajemennya. Parahnya, SM Entertainment tidak mengizinkan penggunaan nama Shinhwa diluar label mereka hingga masalah ini dibawa ke pegadilan. Selama konflik berlangsung, Eric Mun berada di garis terdepan untuk bernegosiasi dengan SM Entertainment. Akhirnya kasus ini dimenangkan oleh Shinhwa. Tetapi Shinhwa harus membayar mahal, mereka harus membayar sejumlah uang denda yang tidak sedikit jumlahnya. Lagi-lagi Eric beraksi, dengan uang pribadinya & beberapa uang pribadi member lain Eric membawa semua member keluar bersama-sama dari SM Entertainment. Bagi mereka, kurang satu member saja mereka bukanlah Shinhwa.

2.Persahabatan dan persaudaraan mereka

Melihat perjuangan Shinhwa yang mengharukan untuk terus bersama-sama, sangat mustahil jika enam orang tersebut berjalan tanpa memiliki ikatan yang kuat. Tanpa semua ini, mungkin nama Shinhwa sudah menghilang dari dulu sejak awal tahun 2000 dimana SM Entertainment berniat membubarkan mereka. Kekompakan ini tidak lepas dari peran Leader, Eric Mun. sebagai member tertua, ia tak hanya sebagai pemimpin yang baik tetapi juga sebagai kakak bagi semua member.

Ketika salah satu member memiliki masalah, maka yang lain akan datang untuk menghibur. Selain itu, pernah tersiar kabar jika Eric menolak berakting di drama dengan bayaran tinggi dan rela berakting di drama dengan bayaran rendah supaya jadwal aktivitas bersama Shinhwa tidak terganggu. Ketika salah satu member mengeluarkan album solo, maka yang lain dengan rela mengundur jadwal rilis album solo mereka supaya tidak ada persaingan penjualan album antar member. Bahkan Lee Minwoo rela menunda recording & jadwal perilisan albumnya demi mempersiapkan album Shinhwa ke-9 & konser 10th Anniversary Shinhwa. Selain itu ketika, Shin Hyesung mengadakan konser maupun Kim Dongwan tampil dengan pertunjukan musikalnya, beberapa member Shinhwa yang tidak ada jadwal akan ikut serta menghadiri untuk memberikan dukungan. Belum lagi jika ada drama salah satu member tayang perdana, maka mereka akan buru-buru mengirim SMS untuk memberikan komentar & dukungan seperti halnya ketika darma terbaru Eric, Spy Myungwol pertama kali ditayangkan.

Kekuatan persahabatan dan persaudaraan mereka sudah dikenal public. Tak jarang beberapa Group KPop junior ingin mencontoh salah satu hal positif ini. Sebuah resep jitu yang akan membuat sebuah grup mampu bertahan di tengah permasalahan yang muncul. Dari dulu, dunia KPop dikenal dengan umur boyband yang tidak bertahan lama. Bahkan ada mitos yang mengatakan grup KPop tak akan mungkin mampu bertahan lebih dari 5 tahun. Hal ini karena apa? Selain faktor wajib militer, masalah internal grup begitu dominan menyebabkan beberapa member hengkang hingga bubarnya grup tersebut. Shinhwa juga pernah dihadapkan pada masalah internal seperti ini, tak jarang mereka juga terlibat pertengkaran-pertengkaran. Namun, mereka mampu menyelesaikan secara mandiri, dewasa, & menepikan ego masing-masing.

Kim Dongwan & Eric pernah mengungkapkan, rahasia mengapa Shinhwa mampu bertahan selama ini adalah rasa persaudaraan & persahabatan. Bagi mereka, tanpa satu member-pun mereka bukanlah Shinhwa. Berharap suatu saat ada junior yang mampu bertahan seperti mereka dan menjadi legenda.

3.Solo karir masing-masing member yang sukses

Tak banyak artis yang ketika bersama grup mereka menuai banyak kesuksesan, mereka juga sukses di jalur solo. Tidak ada jaminan & garansi untuk itu semua. Namun, hal itu tidak berlaku untuk Shinhwa yang solo karir masing-masing member terbilang sukses & merebut banyak perhatian netizen. Lepas dari SM Entertainment sepertinya membuat Shinhwa semakin terpacu untuk memupuk kreatifitas mereka. Tak hanya puas dengan aktivitas grup, mereka mulai merambah beberapa bidang seperti acting. Eric Mun debut di dunia akting dengan membintangi Firebird, Andy & Junjin berakting di Nonstop4, Kim Dong Wan debut layar lebar Spin Kick. Sementara itu Lee Min Woo merilis album solo Un-touch-able. Sedangkan Shin Hye Sung selain merilis album solo Love of May. Ia juga membentuk Group S bersama Kang Ta dan Lee Ji Hoon, grup ini sempat mengisi dan mengaransemen OST. April Snow yang dibintangi oleh Bae Yong Jun dan Son Ye Jin.

4.Talenta mereka yang luar biasa

Sebagai grup yang telah berlabel “Legend”, kita tak perlu lagi meragukan talenta mereka. Tidak hanya kemampuan mereka menggoyang panggung dengan dance mereka yang energik, tetapi dengan lagu-lagu mereka. Sejak awal karir, Shinhwa sudah terbiasa untuk menciptakan lagu & koreografi mereka sendiri. Tak dapat dipungkiri, kemampuan dance Junjin yang dijuluki The King of Dance itu telah memberikan pengaruh terhadap koreografi Shinhwa. Sementara itu, Lee Minwoo yang seorang pencipta lagu & komposer handal telah berkali-kali menciptakan lagu-lagu hits. Tidak hanya itu, Lee Minwoo juga sering menciptakan lagu untuk artis-artis lain. Terakhir ia menciptakan lagu untuk mini album terbaru Teen Top “Roman” yang berjudul “Tell Me Why”.

Sementara itu, Eric selain piawai membuat lyric rap untuk tiap lagunya, ia juga piawai berakting di layar kaca. Deretan drama & film layar lebar telah melejitkan namanya seperti Super Rookie, Que Sera Sera, Strongest Chilwoo, dan Bystanders (Diary of June). Sang magnae, Andy Lee dengan style rap-nya yang smooth sangat memukau para pendengar. Ia juga piawai berakting, aktingnya dalam Lovers in Prague menyedot perhatian banyak pemirsa meskipun perannya disana bukanlah pemeran utama.

Sedangkan Shin Hyesung yang berlabel Prince of Ballad sudah dikenal dengan kemampuan vokal yang luar biasa, powerfull & berstamina. album-album solonya sangat sukses di pasaran, tak hanya di Korea tetapi hingga menembus pasar music Jepang, Taiwan, Hong Kong, dan beberapa negara Asia. Konser Solo berskala internasional juga selalu sold out. Ia beberapa kali berkolaborasi dengan artis-artis non-Korea, seperti dengan grup populer Jepang SMAP (grup-nya Takuya Kimura), Kiyokiba Shunsuke (ex-member EXILE), bahkan ia juga pernah berkolaborasi dengan band rock terkenal Michael Learn To Rock. Mereka bersama-sama menyanyikan “Take Me To Your Heart”. sedangkan Kim Dongwan selain kemampuan vokalnya yang mampu mencapai nada-nada tinggi, ia juga terkenal paling gokil & lucu di Shinhwa. julukannya adalah Witty Guy. jika ada pria tampan satu ini, maka suasana dijamin akan menyenangkan & penuh tawa. ia juga dikenal sebagai aristoteles-nya Shinhwa karena sering mengeluarkan kata-kata bijak.

5.Style mereka

Bicara masalah style, mungkin Shinhwa sedikit unik. Disaat banyak grup yang membangun image cute & manis, jusru Shinhwa kebalikannya. Tampil manly, macho, dan garang! Bahkan beberapa photoshoot mereka terlihat seperti gerombolan mafia kelas kakap.

Di awal karir, mereka yang waktu itu masih remaja memang tampil dengan image cute. Rambut hitam, belah tengah, dan T-Shirt yang longgar khas gaya tahun 90-an.

Menapaki tahun millennium, mereka mulai berani tampil “manis” dengan rambut yang di-cat, walau tidak se-colorfull senior mereka H.O.T. dan sepertinya rambut mereka dicatok, soalnya lurusnya keliatan kaku hahaha

 

Seiring perkembangan usia, Shinhwa mulai tampil berantakan & garang ala mafia.

Penampilan sporty Shinhwa

Namun, Shinhwa juga tampil dengan rapi ala eksekutif muda yang berkelas & elit. Mempesona setiap yang melihat ^^

Penampilan Shinhwa terakhir di album Volume 9 yang dirilis tahun 2008 sebelum mereka memutuskan memasuki wajib militer. Konsep yang diusung menunjukkan sisi macho-nya seorang pria dewasa. Beberapa diantara mereka tampil dengan rambut gondrong dan berkumis rrraaaawwrrrrr…

6.Beda manajemen, Shinhwa tidak bubar

Sejak berita hengkang-nya Shinhwa dari SM Entertainment tahun 2003, gossip mengenai bubarnya Shinhwa semakin santer beredar. Apalagi pasca keluarnya mereka dari SM Entertainment terdapat selang waktu sebelum mereka memulai kontrak dengan Good! Entertainment Media Group. Shinhwa pindah ke Good! EMG pada bulan juli 2003. Karena kontrak dengan Good! Dimulai januari 2004. selang waktu itu, para member memutuskan untuk bersolo karir.

Saat ini, masing-masing member Shinhwa berada dibawah naungan manajemen yang berbeda. Sejak tahun 2007, Shinhwa sudah mencoba me-manage perusahaan manajemen mereka sendiri untuk meng-handle aktivitas solo karir, sementara untuk aktivitas grup masih dibawah Good! EMG. Sebagian diantara mereka adalah pemilik saham bahkan pemilik perusahaan tersebut. Eric Mun mendirikan Top Class Entertainment, Lee Minwoo mendirikan MRising Entertainment, Andy Lee mendirikan ND Entertainment yang sekarang menjadi TOP Media Entertainment. Shin Hyesung sebagai pemilik saham Liveworks Company. Sedangkan Junjin sebagai pemilik saham Open World Entertainment. Sementara itu vocalist Shinhwa, Kim Dongwan mendirikan H2 Entertainment untuk mengatur aktivitas solo-nya sebelum akhirnya bergabung dengan Shin Hyesung dibawah naungan Liveworks Company.

Pasca pecahnya Good! EMG yang konon karena masalah finansial, trademark Shinhwa beralih ke tangan Open World Entertainment yang merupakan pecahan dari Good! EMG selain Liveworks Company. Karena semua member Shinhwa berada di bawah manajemen yang berbeda, untuk menyelaraskan seluruh kegiatan Shinhwa mendatang, maka Eric Mun & Lee Minwoo melakukan negosiasi dengan pihak Open World Entertainment untuk bersama-sama mendirikan Shinhwa Company. Setelah melalui proses panjang, akhirnya tanggal 1 Agustus 2011 perusahaan ini resmi didirikan dengan Eric & Minwoo sebagai co-president. Sementara itu semua member menanamkan modal dengan jumlah yang sama besarnya. kelak, untuk aktivitas Shinhwa skala domestik akan di-handle oleh Top Class Entertainment, aktivitas luar negeri di-handle Open World Entertainment, dan aktivitas promosi akan di-handle oleh Liveworks Company.

7.Kemampuan member Shinhwa melahirkan generasi KPop baru

Ibarat sebuah pohon, kurang lengkap rasanya jika sebuah pohon mempunyai akar & batang yang kuat, daun yang lebat sehingga mampu memberikan udara yang sejuk, berbunga indah namun tidak berbuah. Begitu pula dengan artis yang berlabel “Legenda”. Maka, kurang lengkap rasanya jika ia tidak melahirkan legenda-legenda baru untuk menggantikan mereka. Regenerasi, mungkin itu adalah kata yang paling tepat.

Ketika Shinhwa masih berada dalam naungan Good Entertainment Media Group, bersama Coca Cola dan pihak manajemen, Shinhwa mengadakan ajang pencarian bakat bertajuk “Let’s Coke Play Battle Shinhwa” atau biasa dikenal dengan Battle Shinhwa untuk mencari bakat-bakat baru di dunia Entertainment. Sederetan artis K-Pop memulai karir mereka melalui audisi yang diadakan pada 23 april 2005 ini, seperti Seungri (Bigbang), Park Yunhwa (T-Max), G.NA, Minhyuk (Block-B), Ga In (Brown Eyed Girls), Kim Jang Hyun dan masih banyak lagi. Enam pemenang audisi ini di-debutkan dibawah Good EMG dengan nama “Battle” yang terdiri dari Ryu, Lio, Shin Kihyun, Taehwa, Hwichan, Chris. Grup ini tidak hanya populer di Korea, tetapi juga di beberapa negara Asia.

Battle

Selain itu, melalui perusahaan manajemen masing-masing, beberapa member Shinhwa telah berhasil menjadi produser artis-artis baru. Seperti Eric Mun melalui Top Class Entertainment melejitkan girlgroup baru bernama Stellar. Sementara itu sang Magnae, Andy Lee melalui TOP Media Entertainment berhasil melejitkan duo JUMPER dan boyband yang saat ini populer Teen Top. Junjin melalui Open World Entertainment-nya juga berhasil melejitkan The Boss (DNA) dan X-5.

 

 

8.Kedekatan Shinhwa dengan fans (Shinhwa Changjo)

Setelah Shinhwa menerima Daesang untuk pertama kalinya di tahun 2004 untuk Best Artist of The Year di Seoul Gayo Daesang Awards, mereka segera meninggalkan para reporter yang sudah siap sedia untuk mewawancarai mereka. Member Shinhwa lebih memilih menemui Shinhwa Changjo untuk mengucapkan terima kasih secara langsung dan hanya di temani oleh satu bodyguard!, hal yang mungkin jarang dilakukan artis sekaliber Shinhwa.

Tidak hanya itu, sang Leader Eric Mun melalui akun twitter-nya @miclarge1 sering membalas mention para fans, berdiskusi dengan mereka dan tak lupa memberikan nasehat-nasehat berharga layaknya seorang kakak.

Sebenarnya masih banyak alasan yang akan membuat kita jatuh cinta kepada Shinhwa, tidak hanya 8 poin diatas. Shinhwa juga dikenal dengan grup yang memiliki banyak penghargaan. Tidak hanya sebagai grup, tetapi juga untuk karir solo membernya. Selain itu sikap gokil & lucu mereka di tiap variety show dijamin membuat perut teman-teman sakit karena kebanyakan tertawa. Semoga artikel ini membantu untuk lebih mengenal Shinhwa.

WE ARE SHINHWA CHANGJO !!! FOREVER SHINHWA !!!

Written by Sofie @ mycolorisland

 
6 Komentar

Ditulis oleh pada Agustus 25, 2011 in Korea, Opini

 

Tag: , , , , ,

6 responses to “[Opini] Alasan yang membuat kita jatuh cinta kepada Shinhwa

  1. azzuralhi

    Maret 29, 2012 at 7:36 am

    Hwahhhh…. Saluuuuuttt😀

     
  2. Park Min Gi

    Juni 17, 2012 at 4:36 am

    kereeennn.. salut deh ma ahjussideull shinhwa..🙂

     
  3. Dee

    Januari 11, 2013 at 12:09 pm

    aku langsung jatuh hati pada mereka. the Legend boyband di Korea. yang tak pernah berganti , kurang, nambah member, eksis sampai sekarang.

     
  4. Idah Chen

    Desember 30, 2013 at 2:46 am

    Nangis gw bacanya,😥
    Perjuangan Shinhwa begitu hebat terutama Eric Oppa, Makin cinta sama Shinhwa deh…

     
  5. shiningintheworld

    Maret 15, 2014 at 10:24 am

    wahhh…..ini nih yg namanya idol. sebenernya ada juga yg kayak mereka nih, si TVXQ. sayangnya…tvxq gabegitu bebas krn diketat oleh SM, tp gmn pun mereka beda generasi kan?kalo liat shinhwa&tvxq emang sih ya..beda sendiri dari yang lain. itulah yg aku suka dari tvxq. eh kok jd ke tvxq ya?hehehe maaf:D

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: