RSS

Mengapa comeback Shinhwa tahun 2012 tidak sama dengan reuni grup lain?

19 Des

Aku memutuskan menulis ini setelah merasa sebal atas banyaaaaak komen di banyaaaak situs mengenai comeback Shinhwa.

Kebanyakan mereka akan membandingkan comeback Shinhwa tahun depan dengan grup seperti DBSK, Suju, atau H.O.T.

Mereka biasanya bilang “Oh. Aku harap mereka (grup tersebut) dapat reuni seperti ini” atau “Oh apakah ini berarti grup xx dan xx akan comeback juga?”

Berharap, tentu saja, sama sekali tidak masalah. Namun membandingkan dua kasus berbeda dapat menyebabkan kesesatan.

Shinhwa comeback pada 2012 tidak sama dengan ‘reuni’ grup lain, khususnya grup-yang-terpisah-sebelumnya (menggunakan pilihan kata ‘pecah’ atau ‘bubar’ sepertinya agak tidak sensitif untuk beberapa grup)

KENAPA?

1. Karena kembalinya Shinhwa setelah vakum selama 4 tahun bukanlah hal mengejutkan. Vakum-nya mereka disebabkan oleh kewajiban mereka untuk mengabdi di wajib militer. Kembalinya Shinhwa akan sama seperti kembainya Brown Eyed Girls setelah vakum 2 tahun, hanya saja BEG tidak wamil.

Ketika mereka vakum pada 2008, mereka BERJANJI pada Shinhwa Changjo untuk kembali segera setelah mereka menuntaskan tugas mereka. Pasti, mereka akan kembali. Mereka bahkan telah mendirikan perusahaan mereka sendiri, mulai berlatih, dan menyusun lagu-lagu mereka. Sekarang, apakah kalian sudah paham perbedaan “JANJI” dan “HARAPAN”? Janji merupakan sesuatu yang pasti (harus ditepati). Kembalinya Shinhwa tidak berasal dari guratan ketidakpastian atau mimpi atau delusi, karena mereka telah mempersiapkannya selama berbulan-bulan.

Jadi, kembalinya Shinhwa, untuk Shinhwa Changjo, atau siapapun yang familiar dengan mereka, bukanlah sesuatu yang “OMG AKU TIDAK PERCAYA MEREKA AKHIRNYA KEMBALI!!!”. Hal ini sudah terduga, karena mereka telah berjanji. Karena kami tahu mereka AKAN kembali setelah menuntaskan tugas militer mereka.

2. Benar, bahwa mereka meninggalkan SME pada 2003. Benar, mereka harus mengalami berbagai kesulitan setelah itu; seperti kehilangan popularitas (tidak sepopuler para artis SME yang biasanya overrated) seperti yang dibilang sebagian orang, seperti bagaimana mereka seperti harus debut sekali lagi sesuai yang dikatakan Andy dulu, dan mereka juga harus menghadapi tuntutan hukum dengan SME karena mereka menginginkan hak cipta bagi nama mereka, SHINHWA, dan juga lagu-lagu mereka.

TAPI. Itu bukan berarti bahwa kembalinya mereka akan sama seperti H.O.T, DBSK, atau grup manapun. Kembalinya H.O.T adalah sebuah ‘reuni’, aku memilih untuk menyebutnya demikian. Karena mereka bubar secara resmi pada 2001. Para anggotanya telah membicarakan mengenai reuni dan kembali keatas panggung sekali lagi, namun hingga hari ini, mereka belum dapat mencapainya. Sedangkan Shinhwa tidak pernah sekalipun bubar.

H.O.T, seperti Shinhwa, adalah legenda. Dan akan tetap menjadi legenda. H.O.T dulu lebih sukses (dari penjualan album+popularitas) daripada SHinhwa di masa jaya mereka, hal ini benar. White Angels lebih besar dari Shinhwa Changjo, hal ini merupakan FAKTA. Namun membuat mereka berada dalam ‘posisi’ yang sama seperti Shinhwa dalam rangka kembalinya mereka ke kpop, adalah tidak benar. Shinhwa telah bekerja bersama selama 14 tahun tanpa pernah terpecah. Mereka tetap bersama dalam suka dan duka. Hal itu tidak mudah mengingat standar keawetan grup kpop biasanya kurang dari 5 tahun. Ikatan persahabatan mereka, harus dikatakan, tidak terpecahkan dan membuat iri. Untuk membandingkan mereka yang telah bekerja sangaaaaat keras sebagai grup atau individu selama 13 tahun belakangan, dengan sebuah grup yang telah bubar 10 tahun lalu, tidaklah adil. (Tidak, aku bukannya tidak suka H.O.T. I looovee them, dan mengharapkan mereka bisa reuni juga)

Seperti yang dikatakan oleh seorang SHCJ unnie, @6rystalis (maaf aku pakai tweetmu hehee) katakan, untuk membandingkan mereka adalah,

Aku tahu ini konyol, tapi aku merasa bahwa untuk menyamakan SHinhwa dan H.O.T seperti menghilangkan apapun yang dilakukan Shinhwa selama ini ^^; Maaf, tapi ini yang aku rasakan. Rasanya seperti dibayar sama dengan orang lain, walaupun kamu bekerja 10 kali lebih keras.

Bagaimana dengan grup lain? Aku tidak bisa berkata banyak… tapi untuk DBSK/JYJ, untuk membandingkan mereka dengan Shinhwa juga tidak adil. Kita tahu bahwa kasusnya (maksudnya, kasus hukum) berbeda. Shinhwa hanya bertarung untuk nama mereka, mereka tidak melanggar kontrak apapun karena mereka meninggalkan SM setelah kontrak mereka habis. Untuk reuni, DBSK mungkin akan melewati lebih banyak hambatan, akan jauh lebih sulit daripada Shinhwa dulu. Aku cuma mengharapkan yang terbaik bagi mereka, karena fans mereka sangat merindukan mereka…

Dan satu hal lagi, kembalinya mereka kali ini tidak ada kaitannya dengan keluarnya mereka dari SME. Comeback mereka tahun 2004 terkait dengan SME, karena mereka baru saja keluar. Namun kali ini, tidak. Seperti yang aku bilang diatas, karena semua ini terduga. Mereka pasti akan kembali. Mereka juga telah mendirikan perusahaan mereka sendiri, semua urusan hak cipta telah diselesaikan dan dibagi dengan baik antara Shinhwa Company dan agensi para member sebagai individu (untuk yang tidak tahu, member Shinhwa berada dalam agensi yang berbeda: Liveworks, TopMedia, TopClass, OpenWorld, and MRising. Shinhwa Company didirikan untuk mengatur aktivitas mereka sebagai grup).

Jadi tolong, jangan menyesatkan dengan membandingkan kembalinya Shinhwa tahun 2012 dengan grup-grup tersebut atau grup lain. Itu tidak adil, dan mereka jelas-jelas memiliki kasus berbeda.

3. Shinhwa akan kembali pada bulan Maret 2012 (bulan ulang tahun mereka). Dan akhir-akhir ini, diumumkan bahwa Big Bang akan kembali pada Maret 2012 juga. Dan orang mulai membandingkan mereka dengan Shinhwa. Sebagian meremehkan Shinhwa. Sebagian mengatakan Shinhwa akan mengalahkan mereka. Ini adalah pendapat pribadiku, tapi aku tahu sebagian Shinhwa Changjo akan setuju.

Aku tidak peduli pada siapapun yang akan comeback di saat yang sama dengan Shinhwa. Aku tidak peduli jika nantinya grup lain akan memenangkan tiap penghargaan di acara musik mingguan. Atau menjual lebih banyak album. Aku cuma senang Shinhwa kembali, karena SHCJ sudah merindukan mereka. Melihat mereka diatas panggung lagi sudah merupakan momen kemanangan. Jika mereka menang, aku akan bersyukur. Tapi aku tidak akan terlalu peduli. Seperti yang aku tahu, di kpop chart sekarang, popularitas menentukan. B.E.G mungkin salah satu contoh sedih dari hal ini. Sebesar apapun talenta mereka atau sebagus apapun album mereka, mereka tidak akan bisa memenangkan triple crown atau menang 9x berturut-turut seperti beberapa grup. Shinhwa juga. Mereka sudah vakum selama begitu lama. Banyak orang tidak tahu mereka, atau melupakan mereka, atau SEDIHNYA mengira mereka sudah bubar. Jadi aku tidak akan terkejut kalau mereka tidak bisa menang penghargaan mingguan. Hal itu bukan masalah. Mereka akhirnya kembali pada SHCJ. Dan aku yakin Shinhwa telah melewati masa dimana mereka peduli akan memenangkan penghargaan, mereka kembali untuk SHCJ. Hal itulah yang terpenting.

Yoon Ilsang, salah satu komposer terkenal berkata,

“Untuk Shinhwa, menurutku mereka akan membawa perubahan masif pada industri ini dengan kembalinya mereka, khususnya karena mereka adalah idol yang mewakili generasi mereka sendiri.”

Dia benar. Kembalinya Shinhwa akan berarti perubahan bagi industri kpop secara keseluruhan. Mereka akan membawa harapan pada grup idol pria yang biasanya berpikir mereka akan bubar begitu mereka memasuki kamp militer. Shinhwa telah mematahkan kutukan 5 tahun, bersama selama 14 tahun, tanpa pernah kehilangan member. Kembalinya mereka akan menunjukkan pada idol grup pria lainnya dan agensi mereka bagaimana mereka melakukan hal tersebut. Kalian tahu bagaimana orang berpikir bahwa mustahil untuk beroperasi sebagai grup dengan member terpencar ke berbagai agensi. Tapi Shinhwa mampu. Orang pikir mustahil untuk idol grup pria untuk kembali pasca menyelesaikan wamil, tapi Shinhwa membuktikan bahwa mereka akan kembali. Hal itu, akan meningkatkan harapan bagi grup lain, fans, dan perusahaan, bahwa grup mereka dapat mengikuti warisan Shinhwa. Bukankah kamu akan senang jika grup kesukaanmu dapat bertahan selama Shinhwa? Yah, kecuali kamu menyukai mereka karena kemudaan atau penampilan =_=

Prestasi semacam itu membutuhkan usaha teramat besar, yang tidak dapat dibandingkan dengan grup lain. Warisan Shinhwa tidak dibangun dalam semalam, namun dalam 14 tahun dengan keringat dan darah (karena cedera-cedera mereka T_T). Hal itu TIDAK bisa dibandingkan, karena tidak ada yang mencapainya selain Shinhwa. Membandingkan mereka dengan grup lain, akan seolah menghilangkan perjuangan dan usaha Shinhwa selama 14 tahun belakangan ini. Jadi tolong jangan menyamaratakan atau membandingkan kembalinya Shinhwa tahun depan dengan grup manapun. Hal itu tidak adil.

Seperti yang dijanjikan Andy, comeback Shinhwa akan SANGAT HEBAT.

Dan aku mempercayainya😀

-TAMAT-


foto latihan shinhwa untuk comeback maret 2012 nanti

Written and Translated to Indonesian by @ichashinhwa from

ORIGINAL ARTICLE:
Indonesia version [ http://shcjindonesia.wordpress.com/2011/12/19/why-shinhwa-2012-comeback-is-not-the-same-as-the-reunion-of-others/ ]
English version [ http://crabbielife.wordpress.com/2011/12/19/why-shinhwa-2012-comeback-is-not-the-same-as-the-reunion-of-others/ ]
PLEASE TAKE OUT WITH FULL CREDITS

 
5 Komentar

Ditulis oleh pada Desember 19, 2011 in Korea

 

Tag:

5 responses to “Mengapa comeback Shinhwa tahun 2012 tidak sama dengan reuni grup lain?

  1. crabbielife

    Desember 19, 2011 at 12:46 pm

    Trims sofie
    ^__________^

     
  2. mycolorisland

    Desember 19, 2011 at 1:00 pm

    sama-sama icha^^

    makasih juga udah bikin artikel sekeren ini^^

     
  3. cagalli14

    Mei 2, 2012 at 1:09 pm

    huwaaah monang baca ini teh ;; aku kagum banget sm shinhwa ..awalnya aku kagum tapi skg aku kyknya jatuh cinta >.< apalagi SJ membernya banyak tapi perasaan aku ke shinhwa nggak kalah gedenya dgn ke SJ🙂 SJ benar2 mencontoh & mengagumi shinhwa,semoga kedua group ini akan abadi sampe kiamaaaat kkk~

     
  4. mwoy

    Februari 15, 2015 at 2:12 am

    Iyaa.. memang baru baca artikel inii… dan sangat amat setuju sekali… perjuangan shinhwa bertahan selama ini tidak bisa dibandingkan dengan yg lain.. persahabatan mereka terlalu manis… awalnya cuma sekedar tau nama dan bbrpa hits nya aja.. dan baru benar2 mengenal setlah mreka comeback 2012 lalu… sekarang, benar2 mencintai shinhwa seperti mencintai SJ… berharap SJ benar2 bisa mewarisi warisan shinhwa… meskipun banyak masalah, aku hrap mereka bisa tetap menghadapinya dan bertahan… SJ shinhwa 사랑해요 💙💛

     
  5. mwoy

    Februari 15, 2015 at 2:12 am

    Iyaa.. memang baru baca artikel inii… dan sangat amat setuju sekali… perjuangan shinhwa bertahan selama ini tidak bisa dibandingkan dengan yg lain.. persahabatan mereka terlalu manis… awalnya cuma sekedar tau nama dan bbrpa hits nya aja.. dan baru benar2 mengenal setlah mreka comeback 2012 lalu… sekarang, benar2 mencintai shinhwa seperti mencintai SJ… berharap SJ benar2 bisa mewarisi warisan shinhwa… meskipun banyak masalah, aku hrap mereka bisa tetap menghadapinya dan bertahan… SJ shinhwa 사랑해요 💙💛

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: