RSS

[Profile] Shin Min Chul

08 Jan

Mycolorisland sengaja meng-upload profile captain satu ini sebab ternyata masih banyak K-Popers yang belum mengenal dengan baik penyanyi yang akan menyambangi Indonesia tanggal 10 – 13 Januari 2012 ini. Agak sedih juga melihat beberapa komentar di artikel mycolorisland sebelumnya yang memberitakan partisipasi Shin Minchul dalam acara di sebuah stasiun TV yang menayangkan Battle I-Pop vs K-Pop . Artikel ini tidak hanya ditujukan untuk teman-teman Mighty Max (fans T-Max) atau Black Pearls (fans Shin Minchul) saja tetapi bagi semuanya yang ingin mengenal lebih jauh dengan leader yang penuh kharisma ini.

Penasaran seperti apa profilnya? Yuk disimak~


PROFIL UMUM

Shin Minchul lahir pada tangal 5 Februari 1980. Dia pernah mengenyam pendidikan di Otorohanga College Selandia Baru . Jadi ketika muncul berita Selandia Baru diguncang gempa besar tahun 2011 lalu, ia sangat sedih.

Namanya semakin dikenal public sejak ia bergabung dengan T-Max pada tahun 2007, ia memerlukan waktu 7 tahun untuk menikmasti kesuksesan karir musiknya. Asam garam dunia musik Korea pernah ia cicipi. Mulai dari gagalnya boyband pertamanya Boys Of Korea pada tahun 2000, rentang waktu 7 tahun ia menjalani wajib militer selama 2 tahun dan kembali ke dunia musik Korea sebagai penyanyi soundtrack drama.


MUSIK ADALAH JIWANYA

Shin Minchul debut di dunia musik Korea bersama grup yang bernama Boys Of Korea yang terdiri dari 4 personel pada tahun 2000. Grup ini debut dengan single Funky Jockey. Dalam single tersebut terdapat 3 track yaitu Funky Jockey, First Love, dan No Money.

Namun, grup ini tidak mendapat sambutan publik. Akhirnya grup dibubarkan. Tahun 2003 ia kembali ke dunia music dengan menyanyikan Dan Nyum salah satu soundtrack drama Sang Doo Let’s Go To School. Drama ini merupakan drama debut RAIN yang juga dibintangi oleh Lee Dong Gun dan Gong Hyojin. Tahun 2005 ia kembali bernyanyi di soundtrack drama buatan KBS Strange Woman Strange Men yang dibintangi oleh Kim Ah Jung, Go Joo Won, Jeong Jun. Shin Minchul membawakan lagu berjudul Tears.

13 Juni 2007, Shin Minchul bergabung dengan Kimjun dan Park Yunhwa dalam T-Max. T-Max! Huruf “T” dalam nama T-Max berarti “Triple, Trinity”. Sedangkan “Max” berarti energi dan bakat yang dimiliki dan yang ditampilkan oleh masing-masing anggotanya secara Maximal.
Memilih aliran musik R&B, masing-masing anggota T-Max memiliki karakter vokal yang berbeda. Shin Min Chul dengan vokal-nya yang powerfull, Kim Joon sebagai rapper dengan vokal yang dalam dan mempesona serta Park Yun Hwa dengan vokal uniknya. Mereka membentuk kelompok musik T-Max setelah berlatih bersama selama hampir tiga tahun. Ketika debut berada dibawah naungan manajemen Planet 905.

Dari proses awal, musik dan penampilan T-Max telah menarik perhatian pelaku industri musik Jepang dan akhirnya banyak dari mereka ikut andil dalam proses pembuatan single pertama T-Max yang direkam di Jepang. Menurut salah seorang manajer penyanyi R&B Jepang, Hirai Ken, Sowelu dan Crystal Kay, mereka ikut berpartisipasi dalam pembuatan single T-Max setelah mendengar sampel demo T-Max. Hasilnya, single T-Max menjadi berwarna dan bagus!

Single pertama mereka yang dirilis pada tanggal 13 Juni 2007, ‘BLOOMING’, dikemas dengan nuansa musim panas yang hangat. Irama musik mereka yang ringan dan ceria dapat menyentuh hati para pecinta yang sedang jatuh cinta. Semua keunikan dari masing-masing anggota T-Max dan musik mereka yang dikemas menjadi satu membuat orang ingin mendengar lagu-lagu mereka lagi dan lagi.

Tahun 2009 menjadi puncak karir Shin Minchul bersama T-Max. nama mereka melambung seiring dengan kesuksesan penjualan album OST Boys Before Flowers yang terjual 2.000.000 kopi di Korea Selatan. Tidak hanya itu, single-single T-Max selanjutnya juga tak kalah sukses, bahkan T-Max merilis single jepang pertamanya “Motto Paradise” yang merupakan recycle dari OST Boys Before Flowers “Paradise”

Tahun 2010, T-Max mengeluarkan album pertamanya Born To The Max tanpa sang magnae Park Yunhwa yang harus menjalani wajib militer. Sehingga tampillah T-Max dengan 2 member baru Park Hanbi dan Joo Chanyang. Dalam album tersebut Shin Minchul mengkontribusikan kemampuannya menciptakan lagu. Track berjudul “Confess” dan “Want” adalah hasil karyanya. Ia pernah mengatakan bahwa Confess adalah lagu favoritnya, ketika menyanyikan lagu tersebut matanya pasti berkaca-kaca. Lagu tersebut juga dibuat versi jepang-nya dan ia nyanyikan saat konser Fly Up di Jepang akhir tahun 2011 lalu.
Shin Minchul juga sempat membintangi sebiah drama musical berjudul Footlose ia memainkan tokoh bernama Ren. Selama latihan ia sempat terjatuh menyebabkan tulang iganya retak, membuat Mighty Max merasa cemas

Tahun 2011 sepertinya menjadi tahun terberat bagi T-Max dan Mighty Max, pasalnya album kedua yang direncanakan dirilis pertengahan 2011 harus ditunda karena Kimjun mendapat panggilan wajib militer. Sehari sebelum Kimjun masuk camp pelatihan, T-Max merilis digital single She Was Crying.

Berita dibubarkannya T-Max telah beredar mulai sekitar beberapa bulan lalu sejak Kimjun ditugaskan mengikuti wajib militer. Namun, baik Planet 905 maupun Shin Minchul membantah berita tersebut. Mereka mengatakan T-Max saat ini hanya vakum. Sebab, T-Max tidak memungkinkan untuk melakukan aktivitas grup, bahkan album kedua yang direncanakan akan dirilis pertengahan tahun lalu pun ditunda. sebab, Kimjun dan Park Yunhwa sedang menjalani wajib militer. Joo Chanyang juga memutuskan tidak meneruskan kontrak dengan Planet 905 dan konsentrasi menjadi produser musik sedanngkan Park Hanbi yang drama terbarunya selesai di tayangkan Birdie Buddy sampai saat ini masih bertahan di Planet 905 dan sedang berkonsentrasi dengan karir aktingnya.

sementara sang leader, Shin Minchul memutuskan tidak meneruskan kontrak dengan Planet 905 dan memilih untuk bersolo karir serta mendirikan sebuah studio musik bernama Soundsbird. Ia juga sempat mengadakan konser bertajuk FKY UP di 3 kota bersar di Jepang yaitu Tokyo, Kanazawa, dan Yokohama selama bulan Oktober 2011. terakhir penyanyi bersuara emas ini ikut berpartisipasi dalam penciptaan lagu boyband yang baru saja mengeluarkan single debut F.I.X berjudul “Please Don’t Say”

LEADER & CAPTAIN YANG BERKHARISMA

Mengutip pernyataan beberapa mighty max

saya tahu, kalian tidak kenal Shin Minchul itu siapa. dia bukan Hallyu Star besar seperti Suju, DBSK, Rain, atau yang lainnya. Tidak didukung wajah imut atau tampan seperti kebanyakan artis Korea lainnya. bagi para sebagian orang awam, mungkin tidak menyukai penampilannya. Jumlah fans-nya pun tak sebanyak artis Korea lain. Tapi coba melihat dan menyaksikan penampilannya, dan kalian mungkin akan menemukan kelebihannya seperti yang sudah saya alami…
[ Sharon Angela ]

Shin min chul keren loh,,
coba deh nanti liat penampilannya,,
walau dia ga terlalu kalian kenal, tpi kharisma nya gak beda jauh dari artis korea terkenal lainnya.,.
Shin min chul itu lebih banyak bekerja dibalik layar soalnya…😀😀

[Kyujoonis]

bagi gue ga perlu wajah ganteng ato popularitas buat bisa jadi idola, tapi kualits dan kepribadiannya, dan dia punya itu….
setelah kenal kalian bakal tau kenapa kita ngefans ma dia. Bagi gue dia artis korea yg ramah dan perhtian sama fans yang pernah gue kenal ^^ kita bangga sbg mighty max dan black pearl karena itu kita akan selalu dukung mereka apapun yang terjadi… dan kita fandom yang cinta damai
HWAITING MIGHTYMAX & BLACK PEARL

[ Fizielya ]

Minchul mungkin gak seterkenal artis lain, begitu jg BB nya. Tapi kualitasnya di dunia musik gak perlu diragukan lagi kok. Dy ckp disegani oleh sesama rekan dlm industri musik korea
[ Maria Catharina Christa ]

SHIN MINCHUL DAN FANS

Shin Minchul terkenal dekat dengan fans-fansnya. Banyak sekali bukti yang membuktikannya

• yang dengan setia me-reply sebanyak 89 mention fans-nya

• yang keep support juga buat fans-fans nya yang lagi down atau sakit
• yang pernah memakai background twitter buatan fans-nya, background yang dipakai Leader saat itu adalah buatan MightyMax dari Qatar bernama mira, @M3KOO

• yang nge-follback akun twitter fandom dan fanbase-nya
• yang ikut join di forum buatan fansnya
• yang memuji fansite buatan fansnya
• yang membantu fansnya membuat trending di twitter
• yang mengucapkan “SELAMAT MALAM INDONESIA” ~tweet leader ini di retweet lebih dari 100 orang


FACTS

• Sangat suka ngeksis di depan kamera, foto-fotonya banyak yang
• Suka banget ngomong….
• Punya sense of fashion yang tinggi, jadinya dia suka mix and match pakaian.
• Punya boneka tangan bentuknya monyet yang dinamakan everererererere dan boneka ini sering digigit Kimjun, tapi sekarang boneka itu sudah hilang.
• Hobi nonton film dan memfoto gambar-gambar aneh
• Pintar buat aksesoris (wow! Pantes kalungnya banyak)
• Pintar surfing lho….
• Belum pernah ke Bali
• Ingin ke Indonesia sejak lama
• Mengaku jika fans-nya adalah inspirasinya
• Fanpage facebooknya ia kelola sendiri


BIODATA

Nama: Shin Minchul
Tanggal Lahir: 5 Februari 1980
Tinggi: 177 cm
Berat: 64 kg
Keahlian: bernyanyi & menciptakan lagu
Hobi: Fotografi, menonton film
Sekolah: Otorohanga College in New Zealand

[Karir]
Boys of Korea
T-max :: leader/main vocal
Komposer lagu
Pemilik studio music Soundsbird

[Award]

Honorary ambassador of Youth Smoking Prevention Campaign
Honorary ambassador of Youth Guidance Center of Kyung-gi province
Honorary Award of Ministry of Korea Tourism(2009)
Award at 10 singer of 17th Korea Culture and Entertainment(2009)

[Discography]

Boys Of Korea [Funky Jockey] :: 2000
T-MAX [Blooming] :: 13 Juni 2007
T-MAX [Lion Heart] :: 30 November 2007
T-MAX [Run to you] :: 29 Desember 2008
T-MAX [Single Collection] :: 8 Juli 2009
T-MAX [Motto Paradise] :: 2 September 2009
T-MAX [Love Parade] :: 3 September 2009
T-MAX [Born To The MAX] :: 25 Mei 2010
T-MAX [She Was Crying Digital Single Album] :: 27 September 2011
A Tribute to Kim Hyun-Sik’s 20th Anniversary :: 12 Mei 2010
KBS Dream ‘Boy Over Flower OST :: 2009
KBS Drama ‘God of Study’ OST :: 14 Januari 2010
KBS Drama “Crime Squad” OST :: 7 Maret 2011
MBC Drama The Return of Iljimae OST :: 2009
KBS Drama Strange Woman Strange Men OST :: 2005
OST – Sang Doo, Let’s Go to School :: 2003
OST – Fuyu No Sonata 21 April :: 2010

[ DOWNLOAD KLICK HERE ]

[Lagu yang diciptakan]

Songin / goodbye lover – TRAX
Lion heart (lirik korea) – T-Max
Why did u do (wae geuraesseo) – Shin Minchul
Tears dried out (nunmuri malla) – Park Yunhwa
Confess – T-Max
Want (wonhae) – T-Max
Please Don’t Say (Malhajima) – F.I.X
“이불을 빨았어” (Ibolul ppalasseo) – TaeOne

[CF]
Thailand Cosmetic brand Wuttisak (2010)

[Musical]
Musical ‘Foot Loose’ (Hero ‘Ren’)

[Others]

NHK HUNGUEL KOUZA

Twitter: @tmaxminchul
Facebook: 신민철(SHIN MIN-CHUL)

written by mycolorisland
Credit: T-MAX INDONESIA + Shin Minchul’s twitter & facebook + mycolorisland
take out with full credits

 
20 Komentar

Ditulis oleh pada Januari 8, 2012 in Korea, Profile

 

Tag:

20 responses to “[Profile] Shin Min Chul

  1. Fizielya

    Januari 8, 2012 at 11:10 pm

    Smga dgn ini smw, org lbh mngnal dy ^^ eon…

     
    • mycolorisland

      Januari 9, 2012 at 4:08 am

      iya… *kibarkan bendera MIGHTY MAX & BLACK PEARL*

       
  2. minchulsworld

    Januari 8, 2012 at 11:54 pm

    Terima kasih utk author yg telah menulis artikel ini, karena tdk hnya mencantumkan biodatanya saja, tapi lbh menekankan siapa sosok Shin MinChul yg sebenarnya🙂

    Ya, dy tidak hanya seorang idola dgn talenta & karya yg mengagumkan. Tapi bagi kami (Mighty Max & Black Pearl), ia juga sbg sosok teman dan kakak. Ia membina hubungan yg baik dgn fans2nya tdk hny lewat fandom/fanbase, tapi lbh ke personal.🙂

    Sebagai tambahan, ia pun pernah menciptakan lagu ballad utk penyanyi solo TaeOne yg berjudul “이불을 빨았어” (Ibolul ppalasseo) dan fanpage di facebook yg ia miliki dibuat & dikelola sendiri olehnya.🙂 Semoga dgn artikel ini, teman2 yg belum mengenal siapa itu Shin Minchul bisa lbh mngenalnya lagi.🙂

     
    • mycolorisland

      Januari 9, 2012 at 4:08 am

      terima kasih info tambahannya, sudah diedit ulang ^^

       
  3. myonewworld

    Januari 10, 2012 at 12:26 am

    aku memang bukan seorang MIGHTY MAX ataupun
    BLACK PEARL. Tapi aku kagum dengan sosok leader yang satu ini.
    Dia sangat ramah sama fansnya, gak segan2 buat berkomunikasi dengan fansnya ditwitter. Aku sendiri pernah mendapat balasan mention dari Minchul.
    Sukses selalu buat Minchul oppa🙂

     
  4. Sharon Angela

    Januari 10, 2012 at 1:16 am

    bukti dr ‘peduli kpd fans’ adalah, LINK ARTIKEL INI DI RETWEET OLEH SHINMINCHUL. check twitter.com/tmaxminchul

     
  5. 리디아 ~ リディア | 정은아 ♥ (@fleiJung)

    Januari 10, 2012 at 2:18 am

    terlalu speechless lah kalo udah ngomongin soal our CHARISMATIC LEADER SHIN MINCHUL~ dia orangnya baik dan humble banget sama fans~ selalu pengen nyenengin fans dalam arti kata sesungguhnya.. bukan cuma karena terpaksa atau apapun~
    pernah bikin fans jantungan gara2 kejailannya meng-upload video zombie~ (fyi, minchul jail loh) selalu tiba2 muncul di twitter kalo lagi diomongin~ selalu mendukung setiap hal positif yang dilakuin sama fans~ pokoknya, he’s a really good idol~
    that’s why, gak jarang fans terkadang jadiin dia tempat curhat~ (salah satunya saya)
    dia sosok yang jauh dimata, tapi dekat dihati~😉

     
  6. Shinta Arum Vi'vi'anti

    Januari 11, 2012 at 3:09 pm

    barusan ngeliat sim min chul di Ultah Indosiar jadi suka..
    emang gag ganteng..
    tapi penampilannya berkharisma..🙂

     
  7. ♔ marĭa яℓynĭldha ♡ (@nilldhandha)

    Januari 12, 2012 at 12:40 pm

    suka bangetbanget sma shin minchul!

     
  8. hanhan19

    Januari 12, 2012 at 2:00 pm

    ^_^ waaaaaaah, aku makin suka deh sama captain. tadi sempet hampir nangis, untung gak jadi heheh. gimana ya, captain tuh emang beda.
    oya, itu ada fotonya waktu masih di b.o.k waaaaahahaha~ ^^ unyu~ btw, boleh nanya kan. kenapa b.o.k gak ada lagi? apa bubar atau gimana? tolong dijawab ya, tante junnosuke kkkk🙂

     
    • mycolorisland

      Januari 14, 2012 at 3:12 pm

      tante ???? u.u

      kan udah dijelasin diatas to? B.O.K bubar karena memang nggak sukses

       
  9. amanda fachdya (@fachdyamanda)

    Januari 13, 2012 at 12:40 pm

    gue salah satu orang yg tadinya ga begitu suka dan justru aneh sm orang orang yang tergila gila sama BB/GB korea. tapi setelah kemarin liat penampilan min chul di indosiar dan sctv, bener bener bikin hati terbuka kalo dia emang berkarisma banget!
    gue orang yang ga gampang buat mengagumi orang, tapi setelah malam kemarin semuanya justru terbalik. karena saya langsung benar benar suka sama min chul. bahkan sampai merasa udah jatuh hati. semoga min chul makin sukses dan karirnya kian mendunia. amin

     
    • mycolorisland

      Januari 14, 2012 at 3:16 pm

      wah~~~ kok saya jadi terharu ya???

      jadi speechless gini, pokoknya amiiiiiinnnnn

       
  10. aulia savira

    Januari 18, 2012 at 1:02 pm

    salut deh buat Oppa MIN CHUL

     
  11. nurul talla

    Februari 11, 2012 at 10:49 am

    Min chul kren+ramah..
    Dia alami,n unik..
    I like shin min chul..

     
  12. gziva

    Februari 13, 2012 at 8:42 am

    hana ha sdwe ong

     
    • gziva

      Februari 13, 2012 at 8:43 am

      halo saya dari indonesia loh

       
  13. norha

    Mei 1, 2012 at 6:16 pm

    bener2 kagum sama oppa…
    gag bsa ngomong apa2 jd na..
    oppa the best lh..

     
  14. vioulet

    Mei 5, 2012 at 6:08 pm

    PkOknYa k’shIn min chuL Ttap Ɣªήğ thE best…. ∂ķΰ suKa bnGat lhat dY wLau hnYa lwat Lyar TV…. K’shin min chuL I LOVE U….

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: