RSS

Grup K-Pop senior yang recomended banget ~ part 1

08 Des

pengen nyoba K-pop dengan suasana baru ? atau pengen nambahin koleksi lagu-lagu dari K-pop grup lain? Kalo boleh usul nih ya… coba deh sedikit menengok ke belakang, dengerin lagu-lagu K-Pop dari grup-grup senior, mungkin ada yang masih asing dengan nama boysband & girlsband pilihan mycolorisland, tapi dijamin mereka nggak kalah keren dengan idol group yang lagi beken sekarang ini. Nama mereka nggak akan pernah lepas kalo kita lagi ngomongin sejarah perjalanan panjang metamorfosa dunia K-pop hingga seperti sekarang. Sebut saja H.O.T, S.E.S, & Shinhwa yang disebut-sebut sebagai grup pelopor boysband & girlsband di korea, coba dipikir jika nama grup pelopor besutan SM.Ent itu tidak booming, mungkin saja peta K-pop sekarang tidak didominasi oleh boysband & girlsband seperti sekarang ini. Bahkan beberapa grup yang akan mycolorisland bahas masih eksis hingga sekarang lho… dan beberapa yang lagi vakum ada rencana comeback, bahkan yang sudah bubar gosipnya pun akan reunite lagi ~~hua…… ga sabar~~
Penasaran? Oke kita bahas profil mereka satu-satu

H.O.T ( Highfive Of Teenagers )

Bicara H.O.T pasti ngomongin masalah pelopor boysband di korea. Grup ini awalnya didirikan SM.Ent bersama S.ES, Shinhwa dan Fly To The Sky. Mereka adalah pelopor gelombang grup muda yang dibentuk SM untuk menguasai industri musik korea. Terdiri dari lima orang “remaja” pada saat debut yaitu Moon Hee Jun (leader, vocalist, rapper), Jang Woo Hyuk (main rapper), Tony Ahn (side-vocalist, rapper), Lee Jae Won (sub-vocalist, sub-rapper), Kangta (lead vocal). Karena target mereka adalah para remaja maka grup ini dinamakan Highfive Of Teenagers atau disingkat H.O.T

Sebenarnya oleh manajemen, grup ini direncanakan terdiri dari enam orang, Andy Lee yang waktu itu masih terlalu muda dilarang ortunya untuk terjun di dunia hiburan, akhirnya pada tahun 1998 ia bergabung dengan Shinhwa. jadi grup ini terdiri dari lima personel saja.

H.O.T adalah grup K-Pop pertama yang berhasil menggelar koser di Seoul Olympic Stadium karena besarnya fanbase mereka. Pada Mei 2001, H.O.T memutuskan bubar disaat kontrak dengan SM.Ent selesai. Moon Hee Jun dan Kangta masih tetap di SM.Ent dan merilis album solo. Sementara itu, tiga personel lainnya Jang Woo Hyuk, Tony Ahn, dan Lee Jae Won bergabung dengan manajemen lain dan membentuk grup baru JTL.
Beberapa bulan lalu Kangta selesai wamil, ia mengungkapkan kalo dia iri banget sama Shinhwa yang tetap dapat bertahan meskipun banyak masalah yang menghadang. Mungkin karena ini dia kepikiran buat nyatuin lagi member-member H.O.T, ada rumor jika tahun 2011 H.O.T bakal comeback. Wow semoga aja bener ya? Tapi apakah nama mereka masih H.O.T ? kan bukan remaja lagi sekarang ~~~kekeke mungkinkah Highfive of Men (H.O.M) ????

S.E.S

Hm….ada yang udah nonton Baker King Kim Tak Goo? Berarti tahu Eugene kan? Nah dia ini dulunya adalah member girl group popular S.E.S. oke sekarang kita bahas S.E.S

S.E.S terdiri dari Sea, Eugene, Shoo merupakan girl group di bawah naungan SM.Ent yang debut pada November 1997 dan merupakan H.O.T versi cewek. Mereka adalah girl group pertama yang meraup kesuksesan tak tertandingi. Fin.K.L dan Baby Fox debut setelah S.E.S dan juga meraih kesuksesan. Meskipun fans S.E.S dan Fin.K.L saling bersaing, tetapi masing-masing member menyatakan kalo S.E.S dan Fin.K.L berteman baik. Meskipun S.E.S selalu memimpin dengan angka penjualan album yang tinggi dan konsisten, tetapi justru Fin.K.L yang mendapat Daesang (semacam Grammy Award di Korea) untuk “Artist of the Year”

Di awal karir, single “I’m your girl” (Eric & Andy Shinhwa ikut nge-rap di lagu ini) dan “Oh my love” menjadi hits besar bagi S.E.S dan mengukuhkan mereka sebagai grup K-Pop paling laris di Korea. diikuti dengan kesuksesan album-album selanjutnya semakin menjadikan S.E.S sebagai K-pop’s reigning queens. Kereeeeennnn!!!
Selama bertahun-tahun member grup ini telah mengubah-ubah gaya mereka, mulai dari cute hingga seksi tanpa kehilangan kekuatan fanbase mereka. Pada bulan November 2002 kontrak S.E.S dengan SM.Ent telah habis, mereka tidak memperpanjang kontrak dan memutuskan bubar. Masing-masing personel menjalani solo karir

Shinhwa

Shinhwa adalah boysband korea yang paling eksis hingga saat ini karena usianya sudah 12 tahun, usia yang boleh jadi belum ada yang menandingi untuk ukuran Boysband Korea. Hanya saja karena mayoritas member sedang wamil jadi untuk saat ini memang Shinhwa tidak melakukan kegiatan grup, jadi maklum saja jika sulit menemui nama Boysband ini ditengah gencarnya boysband-boysband jaman sekarang yang sedang naik daun

Digawangi oleh Eric Mun (leader,rapper), Shin Hye Sung (lead vocal), Lee Min Woo (vocalist), Kim Dong Wan (vocalist), Junjin (vocalist, rapper), dan Andy Lee (rapper) yang debut pada tahun 1998. sepanjang perjalanan karir mereka diwarnai dengan kesuksesan luar biasa, album yang hits, basis fans yang diberi nama shinhwa changjo sangat besar, ditambah solo karir masing-masing personel yang terbilang sukses menjadikan Shinhwa sebagai salah satu boysband terbesar di korea. Meskipun sering sekali digosipkan bubar karena karir solo masing-masing member ditambah sekarang berada di bawah naungan manajemen yang berbeda, para member sering menyatakan kalau shinhwa tidak bubar. Memang sekarang Junjin, Lee Min Woo, dan Andy Lee masih menjalani wajib militer, tetapi setelah semua member selesai wamil pada tahun 2012 nanti shinhwa akan siap menggebrak kembali dunia K-Pop dengan pesona & talenta mereka. Saat ini Shin Hyesung sedang mempersiapkan album solo yang akan dirilis awal tahun 2011 setelah merilis digital single “Hello & Goodbye” duet bersama Eric Mun dan awal desember lalu menggelar konser “Close To You”. Sementara itu Eric Mun sedang syuting drama “Poseidon” yang akan ditayangkan awal 2011 dan Kim Dong Wan yang selesai wamil 7 desember 2010 berencana menggebrak pasar musik jepang dengan album barunya.

JTL

Masih inget lagu “My Lecon”, “Better Day”, dan “One Night Lover” yang booming di Indonesia antara tahun 2004-2005 ? *cerita dikit boleh ya^^ * waktu itu K-pop belum seperti sekarang, dan demam drama Korea lagi mulai hot. Ketiga lagu itu jadi top request di radio-radio, jadi meski orang ga kenal K-pop pun bisa tahu yang nyanyi “My Lecon” itu JTL. Beda kalo kita tanya nama Shinhwa atau DBSK pasti ga ada yang ngeh kecuali yang K-Popers (padahal masa itu dua boyband ini lagi “berkuasa” di dunia K-pop)
Grup ini terdiri dari 3 personel yang semuanya adalah ex-member H.O.T, jadi setelah H.O.T menyatakan bubar bulan mei 2001, Kangta & Moon Hee Jun memilih jalur musik solo. Sementara itu 3 personel lain yaitu Jang Woo Hyuk, Tony Ahn, dan Lee Jae Won membentuk grup baru bernama JTL pada tahun 2002. dipilih nama JTL karena mendeskripsikan ketiga personelnya Jang Tony Lee atau disingkat JTL.
Semua member JTL ini adalah rapper maka jangan heran kalo lagu mereka isinya rap-rap semua *kereeeennnn admin suka yg rapper rapper gitu hehe*. Grup ini menyatakan bubar pada September 2004, kemudian semua member nya solo karir.

G.O.D

Grup ini digawangi oleh Kim Tae Woo, Danny Ahn, Park Joon Hyung, Son Ho Young, Yoon Kye Sang. Debut pada tahun 1999, dan pada 12 Oktober 2005 mereka mengumumkan bahwa serangkaian konser terakhir “The Last” akan menutup karir mereka bersama dengan dirilisnya album baru “In To The Sky”. Grup ini sudah digosipkan bubar sejak akhir 2003. sejak Kye Sang ikut wajib militer pada November 2004, GOD terus berkarir tapi pada bulan mei 2005 Ho Young menimbulkan kontroversi ketika diduga dia hendak menghindari kewajiban wamil-nya. Namun kemudian ia mengumumkan akan ikut wamil, diikuti Tae Woo sehingga mustahil bagi GOD untuk terus berkarir. Pada tanggal 28 Oktober 2005 GOD merilis album ke-7 sekaligus album terakhir mereka dan menggelar serangkaian konser mulai 10 november – 11 desember 2006 di Olympic Park di Seoul, “kami tidak menggunakan kata bubar meski kami tidak tahu kapan suatu hari nanti kami akan berkumpul kembali untuk bermusik” kata mereka.

 

 

 

Credit: wikipedia, asianplus edisi 144 th 2005 & edisi 173 th 2006, absolutshinhwa, mycolorisland
Shared & written by mycolorisland
Take out with full credits

 
17 Komentar

Ditulis oleh pada Desember 8, 2010 in Korea

 

Tag: , , ,

17 responses to “Grup K-Pop senior yang recomended banget ~ part 1

  1. Lopeunhyuk

    Januari 19, 2011 at 3:03 pm

    aq suka SHINHWA >_<
    gak sabar nunggu 2012 .. pengen liad mereka comeback dg formasi full ..

     
    • mycolorisland

      Januari 27, 2011 at 2:27 am

      sama ……. waah shinhwa changjo juga??????? sama dong kayak admin hehehe, iya ga sabar buat nunggu mereka comeback^^

       
  2. Lopeunhyuk

    Januari 21, 2011 at 1:43 am

    chingu .. aq ijin copy posting ini ke note fb aq yaa .. tenang ajh .. aq kasii full credit koq ..
    soalnya aku suka bgd postingan ini ..
    jeongmal gomawo ^^

     
    • mycolorisland

      Januari 27, 2011 at 2:26 am

      terima kasih udah berkunjung ke mycolorisland. terima kasih juga sudah share artikel ini, karena artikel ini punya misi untuk memperkenalkan grup-grup kpop senior (yang admin kenal pas awal suka kpop) ke para kpopers sekarang yang notabene sangat familiar dengan grup grip sekarang. sekali lagi terima kasih, gomawo^^

       
  3. kyungie

    Maret 11, 2011 at 5:36 pm

    sayang gak ada FINKL di artikel pertama ‘_’a padahal sya lagi nyari mereka >,<
    hum ~ H.O.T bakal kumpul lagi gak yah berhubung semuanya sudah keluar wamil ~ ^^

     
    • mycolorisland

      Maret 16, 2011 at 4:36 am

      mari kita berdo’a biar H.O.T beneran reunite di stage! artikel fin.k.l sedang dalam proses. ditunggu ya?

       
  4. eva sari

    April 14, 2011 at 1:08 am

    moon hee joon oppa kebih keren yg dulu daripada sekarang tapi beliau tetap bisa eksis di jagat hiburan dengan jadi mc dan salah satu acara yg dibawakannya adalah Intimate Note bersama Kim Gu Ra

     
    • mycolorisland

      April 15, 2011 at 12:00 pm

      hehehe~~ tapi rambut uniknya masih tetep. sekarang beliau ber-rambut orange

       
  5. ElyMinELF

    Juli 7, 2011 at 4:10 pm

    aq2 lebih suka SES yg i love you cute bgt……….

     
  6. ms.o

    September 6, 2011 at 3:16 am

    mungkin dulu kita suka lagu2nya tanpa tahu siapa yang nyanyi,,,secara dulu yang tau cuma boyband dr barat gt,,,hahahaha,,#ketauan tua nih..

     
  7. fitri restu

    Mei 21, 2012 at 1:20 pm

    wahh…. H.O.T i’m white angels…
    aq sangat suka boyband ini.. semenjak umurku 12 sampai sekarang…
    H.O.T selalu di hati, menurut q .. H.O.T memberi nuansa berbeda di setiap lagunya,, apalagi jang woo hyuk saat ngescream di lagu” rock….. waw daebak..
    banyak orang yang ga tahu boyaband lama… tapi coba dengar dan lihat .. pasti kau akan suka😀

    WhiteANgels… for H.O.T !!

     
  8. patricia

    Mei 24, 2012 at 4:31 am

    Berhubung aku suka RnB and hip hop so selera aku dalam hal K pop juga ke arah situ, that’s why I choose Shinhwa, S.E.S aku suka satu dua lagu yg agak RnB

     
  9. simingkipink

    Mei 28, 2013 at 4:02 am

    aku ga tau beneran kalo my lecon itu lagu korea, dlu bnget pas aku msih SD, skrg uda mau SMA. Hwaa, sumpah gak ngerti tntang JTL juga yg dlunya H.O.T. Kudate bnget dlu ttg kpop, thx mycolorisland. Brarti lgu kpop prtma yg aku dngerin bkn OST Full house tp my lecon. Btw, my lecon itu lagu thun brapa ya?

     
  10. Alice

    Juli 16, 2013 at 6:47 am

    lovely article!!🙂 hehhe
    aku hardcore fansnya S.E.S! mereka girlgroup kpop pertama yg sayah kenal dan suka😀
    especially baby princess eugene >o.<
    kkkk fufufufu artikelnya bagus. ^^
    besok2 bikin full historynya S.E.S kalo bisa😛 kkkk
    great article!!😀 love S.E.S forever FRIEND~~!! Sea Eugene Shoo FIGHTINGG!!

     
  11. kim hye in

    Oktober 21, 2013 at 8:34 am

    min,kau sama kaya aku,sukanya yang rap rap gitu

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: